Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Natasya Fadilla

Tata Cara Niat Mandi Idul Fitri untuk Wanita dan Perempuan

Agama | Saturday, 30 Apr 2022, 22:12 WIB

Mandi Idul Fitri merupakan hadits untuk menghilangkan Mahatma saat memasuki Hari Kemenangan. Lantas bagaimana proses mandi di Idul Fitri?

Agar tidak salah dalam melakukan hal tersebut, mohon diperhatikan tata cara mandi Idul Fitri. Ada legenda bahwa Rasulullah mandi sebelum Idul Fitri, yang berbunyi:

"Bahwasannya Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah).

Sementara itu ada hadist yang menerangkan mandi dianjurkan dikerjakan pada Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Hari Arafah dan Hari Jumat. "Seseorang pernah bertanya pada Sayyidina Ali mengenai mandi. Ali menjawab, 'Mandilah setiap hari jika kamu mau.' Orang tadi berkata, 'Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?' Ali menjawab, 'Mandi pada hari Jum'at, hari 'Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri." (HR. Al Baihaqi).

Perlu diketahui mandi Idul Fitri merupakan mandi sunnah yang hukumnya tidak wajib. Meski sunnah, amalan ini dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim. Jika seorang muslim berhadas besar maka ia harus mandi wajib.

Pada dasarnya mandi Idul Fitri dan mandi wajib adalah sama-sama menghilangkan hadas besar. Lantas bagaimana tata cara mandi Idul Fitri? Simak ulasannya di sini.

Baca Selengkapnya >>>>

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image