Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Bikin Jengkel? Inilah 5 Cara Basmi Kutu Kasur!

Eduaksi | Saturday, 26 Jun 2021, 10:04 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

JAKARTA, Retizen - Pastinya diantara penghuni rumah, pernah merasakan jengkel karena diganggu adanya kutu kasur atau biasa disebut tungau. Jenis hewan kecil menyebalkan ini, bisa menggigit saat ada penghuni kamar yang sedang tidur atau beristirahat. Untuk membasmi kutu kasur tersebut, inilah 5 cara yang bisa dicoba:

1. KEBERSIHAN

BACA JUGA: Tips Mencegah Agar Kucing Tak BAB di Pekarangan Rumah

Langkah pertama yaitu menjemur kasur. Kendati langkah ini terbilang sederhana tapi cukup berpengaruh pada kebersihan kasur. Menjemur kasur, bantal, guling dan selimut di bawah sinar matahari langsung. Sebelum menjemur, sebaiknya pindahkan barang-barang yang ada di kamar agar debu dan tungai tidak menyebar ke tempat lain saat proses penjemuran.

BACA JUGA: Cara Bikin Rumah Tahan Banjir

2. AIR PANAS

Tips selanjutnya adalah mencampur air panas dengan sabun anti bakteri, lalu bersihkan kasur, bantal dan guling. Keringkan di bawah sinar matahari langsung.

3. MANFAATKAN KETEL LISTRIK

Kemudian, bisa gunakan ketel listrik lalu tambahkan selang kecil dan uapkan ke sepanjang jahitan kasur. Bersihkan juga ke sela-sela kasur hingga tempat tidur. Usahakan semua sudut mendapatkan uap panas.

BACA JUGA: Kiat Punya Rumah Tapi Gaji Ngepas?

4. TABURKAN PEMBASMI KUTU

Selanjutnya, manfaatkan Silika gel bisa untuk menghilangkan kutu busuk. Pembasmi kutu ini digunakan dengan cara ditabur ke seluruh kamar dan sebagian kasur. Maka, kutu akan menempel pada silica gel dan mati dengan sendirinya.

5. MINYAK TANAH

Langkah selanjutnya, campur minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area-area yang menjadi sarang tungau, atau kutu busuk. Campuran ini ampuh membunuh kutu kasur dan sangat praktis karena bahannya mudah didapat. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image