Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Terlihat Lebih Indah, Manfaatkan Tanduk Rusa Percantik Rumah!

Eduaksi | Thursday, 24 Jun 2021, 20:17 WIB
Manfaatkan tanaman hias jenis tanduk rusa. (Foto: SG)

DEPOK, Retizen - Agar terlihat lebih indah dan asri, sebaiknya manfaatkan tanaman jenis tanduk rusa untuk mempercantik rumah indaman Anda. Terlebih, merawat jenis tanaman ini salah satu bentuk hobi yang sangat menarik untuk dilakukan.

Bisa meluangkan waktu untuk merawat tanaman yang disukai sebagai bentuk pembelajaran yang baik, sekaligus membuat rumah menjadi tampak lebih indah dipandang.

BACA JUGA: Mengenal Surat Roya dan Fungsinya

Terlebih jenis tanduk rusa yang merupakan tanaman hias yang cukup banyak diminati sejak lama. Tanaman tanduk rusa sebenarnya sudah dikenal sejak lama dan cukup populer dikalangan pencinta tanaman hias.

Selain itu, tanaman ini mudah untuk dirawat sehingga tidak akan memusingkan bagi yang baru saja mempelajari cara merawat dan memelihara tanaman. Nah, seperti apa sih jenis tanaman tanduk rusa ini dan bagaimana cara perawatannya? Yuk simak tips berikut ini;

Jenis platycerium bifurcatum.

1. Jenis Platycerium Bifurcatum

Apabila baru pertama kali ingin mencoba untuk merawat tanduk rusa, maka bisa memulainya terlebih dahulu dengan memelihara tanduk rusa platycerium bifurcatum. Kelebihan dari tanaman ini adalah kemampuan beradaptasinya yang sangat baik terhadap lingkungan baru sehingga tidak akan mudah untuk rusak apabila ditanam pada tempat baru. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang sulit dan bisa tumbuh dengan cepat tanpa harus pusing untuk memikirkan perawatannya.

BACA JUGA: 5 Cara Pilih Bata Ringan Berkualitas

Tanaman ini memiliki ciri khas yakni daun yang menjuntai dan membuat sebuah titik percabangan dengan arah yang tidak teratur. Terdapat sebuah bonggol berukuran besar yang akan menjadi tempat bagi daun steril untuk tumbuh. Sebelum menggantung bonggol dari tanduk rusa jenis ini, pastikan gantungannya memiliki kekuatan yang cukup supaya tidak roboh.

2. Paku Tanduk Rusa

Menanam tanduk rusa di rumah adalah hal yang sangat baik karena bisa membuat halaman rumah menjadi terlihat lebih menarik dengan adanya tanaman yang bervariatif dan memiliki bentuk unik. Supaya bisa menanam tanaman hias paku tanduk rusa sendiri di rumah terdapat beberapa cara yang perlu diikuti. Proses penanaman tanduk rusa yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan metode merampal. Metode ini cukup mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhkan proses pemotongan tanaman baru dari induk atau inang.

BACA JUGA: Tips Proses BaliK Nama Sertifikat Secara Mudah

Siapkan pisau tajam, lalu potonglah tunas pada induknya dengan baik supaya tidak merusak daun yang lainnya. Potong dengan berhati-hati, hindari terkena bagian akar karena akan merusak tanaman dan menjadikannya mudah untuk membusuk. Siapkan media tanam berupa akar pakis. Media tanam ini sangat cocok untuk tanaman tanduk rusa karena sifat tanaman paku yang perlu dibudidayakan dengan cara menempel. Akar pakis juga bisa menyerap air dan pupuk dengan baik supaya nutrisi tanaman terpenuhi.

Setelah calon bibit ditempelkan dengan baik pada media tanam, barulah bisa meletakkannya pada tempat yang teduh dan terhindar dari panas. Pastikan untuk menyirami bibit tersebut secara rutin hingga muncul akar dan tunas baru. Kemunculan akar tersebut merupakan sebuah tanda bahwa bibit sudah siap untuk dipindah ke tempat yang baru.

Bibit yang sudah tumbuh akar dan daun tersebut bisa langsung dipindahkan pada inang. Pastikan untuk terlebih dahulu menyemprot tanaman dengan menggunakan pupuk cair supaya kandungan nutrisi di dalamnya bisa tetap terjaga dengan baik. Ikatlah induk dengan bibit secara kuat supaya tanaman tidak goyang dan jatuh. Diamkan ikatan selama beberapa waktu hingga akar sudah tumbuh dan tanaman bisa menempel secara sempurna pada inangnya.

3. Platycerium Willinckii

Tanaman hias ini berasal langsung dari pulau Jawa dan memiliki ciri khas yang sangat unik, ukuran dari daun steril dan fertil yang besar. Daun fertil juga memiliki ukuran yang lebih panjang dan besar dibandingkan tanduk rusa lainnya, sedangkan daun steril dari tanaman ini panjang dan membuka ke arah bawah.

4. Platycerium Wandae

Tanaman tanduk rusa yang selanjutnya adalah Platycerium Wandae.Tanaman ini memiliki ciri khas yang sangat unik, yakni ukuran daunnya yang sangat besar dan lebar. Ukuran daunnya yang lebar itu menjadikan tanaman ini sebagai salah satu tanduk rusa paling besar di antara tanduk rusa yang lainnya dan memerlukan sebuah tempat atau pot khusus supaya bisa menanamnya di rumah.

5. Platycerium Ridleyi

Salah satu kelebihan dari tanduk rusa adalah memiliki bentuk daun yang sangat indah. Platycerium Ridleyi adalah salah satu tanduk rusa yang mempunyai daun yang panjang, kuat dan membentuk terbuka dengan sangat indah. Tanduk rusa platycerium ridleyi adalah tanduk rusa yang berasal dari Pulau Kalimantan dan terus hingga ke daerah Serawak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image