Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khansa Khaerunnisa

5 Tips Menikah Bermahar Saham

Bisnis | Thursday, 24 Jun 2021, 15:10 WIB
Mahar saham perusahaan untuk pernikahan

Investasi merupakan kegiatan yang sangat menarik di era pandemi ini, terlebih pada masa transisi sebelumnya. Karena pada masa modern, masyarakat sudah mulai melek informasi dan teknologi mengenai cara kerja uang. Mendapatkan penghasilan bukan lagi hanya dengan kerja-kerja-kerja hingga lupa istirahat. Namun uang itu juga bisa bekerja untuk kita. Salah satu solusi ialah dengan investasi di pasar modal.

Jika melihat fenomena saat ini, saham dijadikan oleh beberapa pasangan sebagai mahar pernikahan. Lalu apakah dalam hukum agama itu sendiri memperbolehkan? Maka perlu dilihat dari definisi dan syarat mahar itu sendiri seperti apa.

Mahar dapat dikatakan sebagai seserahan atau maskawin yang diberikan kepada seorang wanita dari pasangannya. Dalam Islam, mahar dikategorikan sebagai syarat pernikahan seperti firman Allah Swt. dalam Qs. An-Nisa [3] : 4

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَرِيئًا

“Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.”

Kemudian syarat dari maskawin itu sendiri ialah sesuatu yang memiliki nilai, meskipun sederhana. Maka mahar dalam bentuk saham dapat dikatakan sah karena berupa aset berharga yang bernilai. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menjadikan saham sebagai mahar?

1. Analisis Fundamental

Seperti membeli saham pada umumnya, seorang investor harus mengetahui saham apa yang ia beli dari segi kualitas perusahaan, produk, dan pemegang penting perusahaan. Dalam kasus ini, maka calon suami hendaknya mengetahui fundamental suatu perusahaan karena jika kualitas perusahaan sehat, tentu sahamnya bisa dijadikan investasi jangka panjang.

2. Kenali Produk Perusahaan

Perusahaan yang melantai di BEI kini sudah sangat banyak, namun tetap harus berhati-hati dalam memilih perusahaan yang memiliki kualitas yang baik. Usahakan dalam memilih saham sebagai mahar, investor sudah tau produk yang ditawarkan perusahaan tersebut ialah produk legal dan halal. Dalam website www.idx.co.id sudah tersedia laman khusus untuk perusahaan dengan saham syariah yang melantai di BEI.

3. Melihat Prospek Jangka Panjang

Mahar merupakan barang yang sakral dan hendaknya disimpan sebagai tanda cinta suami-istri dalam jangka waktu yang sangat panjang. Maka jika mahar tersebut dalam bentuk saham, usahakan saham yang dibeli memiliki prospek bagus dalam jangka panjang. Supaya bisa menambah nilai dari saham itu sendiri.

4. Memiliki Sekuritas

Untuk membeli saham syarat paling utama tentunya kedua mempelai memiliki rekening sekuritas untuk kemudian membeli saham yang dipergunakan sebagai mahar.

5. Mencetak Warkat Saham

Setelah pembelian saham terlaksana, calon suami memindahkan kepemilikan saham kepada sekuritas calon istri kemudian mencetaknya di Biro Administrasi Efek sebagai bukti kepemilikan di atas kertas untuk seserahan maskawin.

Demikian tips untuk membeli saham sebagai mahar perkawinan, tidak terlalu sulit karena hendaknya memilih mahar yang memudahkan. Selain praktis, mahar saham juga menjadi solusi investasi jangka panjang dalam membangun bahtera rumah tangga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image