Tingkatkan Semangat Belajar Baca Qur'an, STP Khoiru Ummah Jember Adakan Lomba Tahsin

Image
Santuso
Agama | Tuesday, 22 Jun 2021, 09:41 WIB
Ustadzah Titis sedang melakukan penjurian terhadap siswa di kelompok jilid 5

Di masa pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari setahun ini, kegiatan belajar dan mengajar (KBM) pada umumnya dilakukan secara daring. Di satu sisi, KBM daring memang memiliki kelebihan. Namun tidak bisa dipungkiri, hal itu juga memiliki kekurangan. Kekurangan itu salah satunya ialah semangat siswa untuk belajar baca Alquran teralihkan dengan melihat konten-konten di ponsel pintarnya, seperti sibuk main game, menonton video di youtube, dan sebagainya.

Untuk menumbuhkan kembali semangat belajar baca Alquran, STP Khoiru Ummah Jember tingkat SD mengadakan Festival Anak Shaleh. Agenda yang berupa lomba tahsin Alquran itu digelar di sekolah secara bergiliran (ber-shift) pada Rabu-Kamis (23-24/6/2021) untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Ketua panitia, Herman Santoso mengatakan, latar belakang diadakannya lomba ini karena adanya keluhan dari guru dan wali murid terkait hasil belajar baca Alquran siswa yang kurang maksimal selama KBM daring. Kami dapat keluhan, hasil belajar baca Alquran siswa kurang maksimal. Bacaan Alqurannya kurang tepat, tajwidnya kurang, dan membaca masih terbata-bata, katanya. Karena itu, sekolah mengadakan lomba ini agar para siswa menjadi lebih serius dan semangat belajar baca Alquran.

Untuk diketahui, STP Khoiru Ummah menggunakan pembelajaran baca Alquran metode Ummi. Adapun lomba tahsin Alquran ini dibagi menjadi empat kategori. Lomba kategori pertama untuk siswa yang capaiannya sedang di jilid 3 dan 4, kategori dua itu jilid 5 dan 6, kategori ketiga itu ghorib, dan kategori keempat itu pra-munaqosyah yaitu untuk siswa yang sudah sampai pada pelajaran tajwid. Pada masing-masing kategori dipilih tiga pemenang.

Setelah dewan juri melakukan penilaian, para pemenang diumumkan oleh Herman pada Jumat (18/6/2021) secara daring melalui Zoom Meeting. Sebagai koordinator guru tahsin Alquran STP Khoiru Ummah Jember, Herman mengungkapkan kebanggaannya kepada para siswa. Alhamdulillah, para siswa sangat antusias sekali mengikuti lomba ini, baik saat persiapan maupun saat lomba berlangsung. Mereka menjadi lebih rajin belajar, katanya. Bahkan, lanjut Herman, secara umum, kemampuan baca Alquran siswa mulai ada peningkatan.

Anggota trainer Ummi Foundation cabang Jember itu memberikan pesan kepada para siswa agar selalu semangat mempelajari Alquran. Mempelajari Alquran itu banyak keutamaan, maka, ayo kita harus semangat mempelajarinya, pungkasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher | reporter | blogger (mistertuso.blogspot.com)

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Seutas Mimpi Jika Pandemi Pergi

Image

Lomba Membuat Komik: PAHLAWAN ANTICOVID ADALAH KITA

Image

Andai Pandemi Pergi, Tetap Jaga Kondisi Ini

Image

Andai Pandemi Pergi: Sebuah Nilai Paradoks

Image

Kuatkan Peran Perempuan, Yenny Wahid dan Kustini Sepakat Kembangkan Desa Damai

Image

Efektifkah Pembelajaran Daring di Masa Pandemi?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image