Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Melli Anita DPS

Pemanfaatan Multimedia Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Eduaksi | Sunday, 20 Jun 2021, 15:10 WIB

Pandemi covid-19 mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Lebih dari satu tahun ajaran proses pembelajaran dilaksanakan secara daring dan jika tidak memiliki akses internet maka dilaksanakan secara luring dan pembelajaran yang dilaksanakan sangat tidak optimal. Berbagi macam cara dilakuakan agar peserta didik mampu menerima dan memahami materi yang diberikan oleh pendidik dengan baik, salah satunya dengan penggunaan multimedia. Perkembangan teknologi multimedia telah menjadi keuntungan besar bagi pendidikan dalam merubah proses pembelajaran dari konvensional menjadi melek teknologi.

Pendidik berusaha semaksimal mungkin untuk mempelajari teknologi multimedia dan menyesuaikan dengan teknik pembelajaran secara daring maupun luring dan kombinasi. Kemampuan pendidik dan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi multimedia semakin memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara daring. Dalam proses pembelajaran, sering sekali pendidik kesulitan menyampaikan materi yang abstrak yang tidak kasat mata, sehingga peserta didik kesulitan memahami konsep tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi multimedia untuk memvisualisasi konsep tersebut dengan cara mengkonkritkan sesuatu yang abstrak ke dalam bentuk gambar dua dimensi maupun tiga dimensi bahkan dalam bentuk video animasi.

Pada masa kini pendidik harus terus mengikuti perkembangan teknologi multimedia yang pesat dan mampu menggunakan lebih efektif dan menghasilkan ide yang menarik sehingga suasana pembelajaran tidak membosankan. Pada masa pandemi covid-19 ini, teknologi multimedia sangat berperan dalam pembelajaran jarak jauh, dan mampu memberi kesan yang baik untuk keterlaksanaan pembelajaran. Perkembangan teknologi multimedia dengan unsur-unsur video, bunyi, teks dan grafik dapat dikemas semenarik mungkin sebagai penunjang pembelajaran. Konsep permainan dalam pembelajaran juga bisa dilakukan menggunakan teknologi multimedia, sehingga peserta didik yang belajar di rumah dapat memahami dan tentunya tidak bosan apalagi pembelajaran jarak jauh. Sesi pembelajaran sistem jarak jauh juga harus disesuaikan oleh pendidik sesuai dengan tahap penerimaan dan pemahaman pendidik. Pembelajaran yang menggunakan teknologi multimedia hanya bertindak melengkapi pembelajaran dan mempermudah, tentunya kreativitas dan inovasi pendidik sangat diperlukan guna mengembangkan multimedia tersebut hingga pencapaian kompetensi yang diharapkan dari peserta didik dapat tercapai secara maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image