Pemanfaatan Multimedia Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Image
Melli Anita DPS
Eduaksi | Sunday, 20 Jun 2021, 15:10 WIB

Pandemi covid-19 mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Lebih dari satu tahun ajaran proses pembelajaran dilaksanakan secara daring dan jika tidak memiliki akses internet maka dilaksanakan secara luring dan pembelajaran yang dilaksanakan sangat tidak optimal. Berbagi macam cara dilakuakan agar peserta didik mampu menerima dan memahami materi yang diberikan oleh pendidik dengan baik, salah satunya dengan penggunaan multimedia. Perkembangan teknologi multimedia telah menjadi keuntungan besar bagi pendidikan dalam merubah proses pembelajaran dari konvensional menjadi melek teknologi.

Pendidik berusaha semaksimal mungkin untuk mempelajari teknologi multimedia dan menyesuaikan dengan teknik pembelajaran secara daring maupun luring dan kombinasi. Kemampuan pendidik dan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi multimedia semakin memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara daring. Dalam proses pembelajaran, sering sekali pendidik kesulitan menyampaikan materi yang abstrak yang tidak kasat mata, sehingga peserta didik kesulitan memahami konsep tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi multimedia untuk memvisualisasi konsep tersebut dengan cara mengkonkritkan sesuatu yang abstrak ke dalam bentuk gambar dua dimensi maupun tiga dimensi bahkan dalam bentuk video animasi.

Pada masa kini pendidik harus terus mengikuti perkembangan teknologi multimedia yang pesat dan mampu menggunakan lebih efektif dan menghasilkan ide yang menarik sehingga suasana pembelajaran tidak membosankan. Pada masa pandemi covid-19 ini, teknologi multimedia sangat berperan dalam pembelajaran jarak jauh, dan mampu memberi kesan yang baik untuk keterlaksanaan pembelajaran. Perkembangan teknologi multimedia dengan unsur-unsur video, bunyi, teks dan grafik dapat dikemas semenarik mungkin sebagai penunjang pembelajaran. Konsep permainan dalam pembelajaran juga bisa dilakukan menggunakan teknologi multimedia, sehingga peserta didik yang belajar di rumah dapat memahami dan tentunya tidak bosan apalagi pembelajaran jarak jauh. Sesi pembelajaran sistem jarak jauh juga harus disesuaikan oleh pendidik sesuai dengan tahap penerimaan dan pemahaman pendidik. Pembelajaran yang menggunakan teknologi multimedia hanya bertindak melengkapi pembelajaran dan mempermudah, tentunya kreativitas dan inovasi pendidik sangat diperlukan guna mengembangkan multimedia tersebut hingga pencapaian kompetensi yang diharapkan dari peserta didik dapat tercapai secara maksimal.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image