Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Guru Belajar

Pesantren Ramadan MAN 1 Sleman: Shalat sebagai Parameter

Agama | Wednesday, 27 Apr 2022, 21:21 WIB

Sleman (MAN 1 Sleman)_Shalat merupakan ibadah yang telah ditetapkan sebagai kewajiban yang akan dihisab pertama kali disisi Allah. Disamping itu shalat juga merupakan parameter bagi seorang muslim untuk mengoreksi diri berkenaan dengan rasa cinta dan kedekatannya dengan Sang Maha Pencipta. Hal tersebut disampaikan Ustadz Fathurrahman Hasyim, B.Sc. ketka menyampaikan materi Rukun Sholat (Gerakan dan Pengenalan Ragam Bacaan Sholat) dala kegiatan Pesantren ramadhan di Masjid Al Himmah MAN 1 Sleman, Senin (25/4/2022)

Hasyim mengatakan, masih banyak dijumpai orang-orang yang dengan mudahnya meninggalkan shalat. Selain itu banyak juga orang yang lalai dalam shalat, terutama tidak memperdulikan kaifiat yang sesuai dengan yang dituntunkan oleh rasul. “Padahal kita diminta oleh rasul untuk melaksanakan shalat sebagaimana rasul melaksanakan shalat (shalluu kamaa ra aitumuu nii ushallii),” papar Hasyim.

“Hal yang penting untuk diperhatikan adalah kita harus memahami apa yang kita baca dalam shalat. Oleh karena itu arti dari bacaan-bacaan dalam shalat itu juga harus betul-betul dimengerti. Mengerti dan memahami makna bacaan shalat sangat mempengaruhi kekhusu’an shalat seseorang,”lanjutnya

Mengahkiri pparannya Hasyim mengajak kepada para siswa untuk menggunakan salah satu dari alternatif bacaan yang ada. Jika terdapat bacaan shalat yang lain yang digunakan oleh sebagian kaum muslimin, selama memiliki dasar hadis yang sahih, maka bacaan tersebut dapat diterima.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image