Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ayuri

SMP Negeri 3 Ciawi Sukses Gelar Sanlat Ramadhan 1444H:

Guru Menulis | 2023-04-14 06:36:01
Reportase Ayuri dari Kota Hujan

Pesantren kilat Ramadhan 1444H dengan tema "Membentuk Kepribadian Disiplin dan Berakhlakul Karimah" telah dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ciawi Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh 912 siswa dari Kelas 7, 8 dan 9. Acara yang berlangsung pada tanggal 3 - 14 April 2023 ini diisi dengan berbagai macam kegiatan, seperti ceramah keagamaan, lomba pidato keagamaan, lomba kaligrafi, dan lomba tahfidz Juz 30.

Foto Kegiatan - Doc.Pribadi

Menurut Ketua Panitia Sanlat, M. Nandang Wijaya, S.Ag, M.Pd, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian yang disiplin dan berakhlakul karimah pada para peserta. Ia berharap agar melalui kegiatan ini, siswa dapat memperkuat iman dan taqwa serta meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Acara utama dari kegiatan ini adalah ceramah keagamaan yang disampaikan oleh Ustad dan Ustadzah yang kompeten. Salah satu pengisi acara, Ust. Hari, membawakan tema “Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat dengan Iman, Islam dan Ihsan” yang sangat menginspirasi. Beliau menyampaikan bahwa : "kebahagiaan yang hakiki hanya dapat diraih melalui iman yang kuat, keislaman yang konsisten, dan ihsan dalam segala hal. Ihsan adalah ketika seseorang beribadah dan berprilaku seolah-olah ia melihat Allah SWT, atau paling tidak ia menyadari bahwa Allah SWT senantiasa melihat dirinya sendiri."

Selain itu, Ustadzah Dra. Hj. Nofrianti Lubis juga ikut membawakan materi dalam acara tersebut. Beliau memaparkan materi Adab Menuntut Ilmu. Menurutnya, menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Ia juga menekankan pentingnya adab dalam menuntut ilmu, yaitu dengan berusaha memahami dengan baik dan menjaga budi pekerti dalam berinteraksi dengan guru dan teman-teman sekelas, sehingga terpancar akhlak yang mulia dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Selain acara utama, terdapat juga kegiatan tambahan seperti Lomba Pidato Keagamaan, Lomba Kaligrafi, dan Lomba Tahfidz Juz 30. Dalam Lomba Pidato Keagamaan, para peserta menyampaikan pidato-pidato yang berisi pesan-pesan keagamaan yang menginspirasi dan memotivasi. Lomba Kaligrafi menguji kemampuan peserta dalam menulis huruf Arab dengan indah dan estetik, sedangkan Lomba Tahfidz Juz 30 menantang peserta untuk menghafal sebanyak mungkin ayat-ayat suci Al-Quran.

Tanggapan dari Raden Kahfi siswa kelas 7 salah satu peserta acara, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. Ia merasa lebih termotivasi untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT setelah mengikuti acara ini. Sementara itu, Siti Iqlima selaku Ketua OSIS Periode 2023/2024 juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik.

Pembina OSIS, Yuli Kursiyah,S.Si mengatakan bahwa kegiatan pesantren kilat ini sangat membantu dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa. Ia berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan di masa yang akan datang.

Kepala SMP Negeri 3 Ciawi, Hj. Ari Widayati, S.Pd. M.Pd. dalam pesannya dalam pesannya menyampaikan apresiasi kepada panitia sanlat yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan sukses. Beliau berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan demi meningkatkan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter siswa di SMP Negeri 3 Ciawi.***SR


Salam Literasi
Kota Hujan, 22 Ramadhan 1444H

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya