Yang Muda Yang Bernyali: Indonesia Open Xtreem -Sports Championship (IOXC) Kembali Digelar

Image
Tutut Bina S
Gaya Hidup | Thursday, 17 Jun 2021, 16:57 WIB
Sumber : https://www.sportmag.fr/wp-content/uploads/2017/06/BMX-Freestyle-FISE.jpg

Usia muda identik dengan suka tantangan, penuh percaya diri dan kreatif. Maka tak jarang dalam berbagai aspek kehidupannya, umumnya kaum muda mencari tantangan, termasuk dalam berolahraga.

Olahraga yang paling menantang adalah olahraga ekstrem (extreem sport). Olahraga ini berbahaya dan membutuhkan nyali yang cukup berani. Olahraga ini kebanyakan diminati oleh kalangan anak muda yang berjiwa bebas dan menyukai tantangan karena dengan olahraga ekstrem mereka bisa menyalurkan kebebasan ekspresi, gaya hidup dan kreativitas hingga menghadirkan kepuasan tersendiri.

Secara umum, olahraga ini memiliki ciri yang membedakan dengan olahraga lainnya. Meskipun tidak khusus untuk anak muda, olahraga ini cenderung dilakukan oleh anak muda. Ciri lainnya adalah olahraga ekstrem tidak dipraktikkan dalam kegiatan olahraga di sekolah, serta cenderung dilakukan individual daripada berkelompok. Walaupun pada prakteknya karena kesamaan hobi, para peminat olahraga ekstrem ini membentuk komunitas tersendiri. Beberapa contoh di antaranya adalah Komunitas Aggressive In-line Skates Indonesia (KASI), Senayan Skate Community, Asosiasi BMX Indonesia, Komunitas Parkour Indonesia dan berbagai komunitas lainnya.

Biasanya, mereka yang melakukan olahraga ekstrem mendapatkan bimbingan khusus terlebih dahulu dari para ahli yang telah berpengalaman sebelum melakukannya. Olahraga ini juga berfokus pada menaklukkan rasa takut diri sendiri dan bagaimana menghadapi tantangan alam. Oleh karena itu, kesiapan mental serta ketrampilan berpengaruh besar dalam olahraga ini.

Bagi penikmat olahraga ekstrem, Indonesia adalah surga aktivitas menantang adrenalin. Hal ini mengingat Indonesia memiliki kondisi alam yang sangat beragam. Gunung, tebing terjal, laut, , ombak tinggi, hingga sungai yang curam, membuat Indonesia menjadi negara tujuan bagi pencari sensasi.

Beragam olahraga ekstrem yang umum di Indonesia antara lain menyelam, panjat tebing, naik gunung, selancar, arung jeram, sepeda gunung, terjun payung, parkour, BMX free style, muang thai dan olahraga bela diri lainnya serta bungee jumping.

Indonesia Open Xtreem -Sports Championship (IOXC)

Melihat antusias kaum muda terhadap olahraga ekstrem, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Indonesia Open Xtreem -Sports Championship (IOXC) sejak tahun 2007. Hal ini sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap olahraga alternatif sekaligus membudayakan olahraga menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle).

IOXC tahun 2021 merupakan IOXC ke 12 yang rencananya akan digelar di Area Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah, Oktober mendatang. Setelah sebelumnya IOXC 11 di gelar di Karang Anyar Jawa Tengah (2019) dan IOXC 10 di Tangerang Banten (2018).

Ada 6 cabang olahraga ekstrem yang dilombakan yaitu Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour . Event ini berskala internasional, dan saat ini sebagai event terbesar di Asia Tenggara dan Asia. Kelebihan lain dari event ini adalah dalam satu arena lomba yang disebut park course dilombakan 3 (tiga) jenis cabang olahraga yaitu: BMX freestyle, Agresive Inline skate dan Skate board, yang hanya ada di event IOXC ini, di negara lain belum ada.

Peserta IOXC setiap tahunnya diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari dalam dan luar negeri, seperti beberapa tahun lalu hadir pemain pro dunia dari Eropa, Amerika, dan Asia yaitu diikuti oleh Perancis, Jerman, Australia, Canada, Chili, Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, China Taipeh dan Indonesia.

Proses menuju grand final IOXC 12 dilakukan secara berjenjang pada event local hero, dan pada setiap tahap itu akan muncul pemenang-pemenang, sehingga pemenang yang terbaik dalam local hero itulah yang akan hadir di event puncak IOXC. Selanjutnya para rider terbaik dari IOXC akan diikut sertakan pada kejuaraan dunia di Festival Olahraga Ekstrem Internasional World Series (FISE) di Prancis.

Mengusung jargon Extreme, Action, with Attitude event olahraga ini diharapkan mampu melahirkan idola baru olahraga ekstrem Indonesia. Hal tak kalah penting lainnya adalah memberikan ruang bagi kaum muda berekspresi positif melalui olahraga.

Salam Pemuda, Maju ! Salam Olahraga, Jaya !

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

working mom. suka membaca dan menulis.

Memo Untuk Jiwa (1)

Gerimis Lirih

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Potensi Pantai Selatan Yogyakarta

Image

Pajak Sembako Picu Kenaikan Inflasi 2021

Image

AKAL DALAM PERSFEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM

Image

Kebijakan PPN Sembako Bisa Picu Inflasi dan Kemiskinan

Image

Menjaga Si Emas Hitam Tetap Berkilau di Nusantara

Image

Kejatuhan Joseon Yang Dramatis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image