Dibuat Jengkel Karena Rayap? Begini Cara Mengatasinya,...

Image
SUGENG
Eduaksi | Thursday, 17 Jun 2021, 13:40 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

JAKARTA , Retizen - Dibuat jengkel kerena rayap, tentu akan merusak aset berharga yang ada didalam rumah Anda. Terlebih yang menjadi sasaran dimakan rayap seperti lemari kayu, jendela, maupun kusen-kusen pintu yang terbuat dari kayu.

BACA JUGA: Covid Melonjak, Industri Properti Tak Perlu Panik!

Sales Manager PT. Adhouse Clarion Events Rahmat Anwar mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi rayap yang kerap bikin jengkel karena merusak sejumlah perabot di rumah.

Menurutnya, suhu ruangan menjadi perhatian penting dalam mengatasi rayap di rumah. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem.

BACA JUGA: Vaksinasi Massal, Dongkrak Gairah Industri Properti

"Untuk mendapatkan manfaatnya hanya perlu meletakkan perabotan kayu yang mungkin dapat diserang rayap di ruangan ber-AC dan atur agar AC tersebut bersuhu rendah. Dengan begitu, rayap kayu atau rayap tembok pasti langsung hilang," kata Anwar.

Selain itu, cara lain adalah siram dengan air sabun. Obat pembasmi rayap berbahan kimia ini pasti sangat mudah didapatkan dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cairan kimia lainnya.

BACA JUGA: Tips Mencegah Agar Kucing Tak BAB di Pekarangan Rumah

Penggunaan cairan sabun berfungsi untuk menganggu aliran pernapasan rayap sehingga mereka pun akan lebih cepat mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap.

Selanjutnya, Anwar menambahkan, cara termudah untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan cara membuat jebakan kardus. Prosesnya yaitu dengan membasahi kardus dan menyimpannya di tempat yang dicurigai sebagai sarang rayap. "Jika memang ada rayap kayu atau rayap tanah, maka dalam waktu singkat rayap-rayap tersebut akan berpindah ke dalam kardus lembap tersebut. Selanjutnya, tinggal pilih cara basmi rayap yang tepat untuk memusnahkan mereka," tambahnya.

Kemudian, membasmi rayap berikutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Pasalnya kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap.

Tak hanya itu, membasmi rayap dengan kapur barus di rumah juga sekaligus dapat membasmi berbagai serangga lainnya seperti kecoak dan juga semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di rumah, dijamin rayap pun enggan mendekatinya. Cara membasmi rayap dengan kapur baru ini menurut sebagian orang paling efektif dibanding cara lainnya.

Anwar menambahkan, jika ingin membasmi rayap dengan efektif, jangan lupa juga untuk menghilangkan genangan air yang ada di halaman. Meskipun terdengar tak berkaitan, namun justru ini adalah cara membasmi rayap di tembok yang sangat ampuh.

Pasalnya, genangan air merupakan salah satu tempat kesukaan rayap untuk berkembang biak. "Maka dari itu harus memastikan area di sekeliling rumah tak terdapat genangan air baik di halaman ataupun di selokan. Apalagi ketika musim hujan tiba, harus lebih rajin dan teliti dalam membersihkan genangan air," ujar Anwar.

Kemudian, masih dikatakan Anwar, perbaikan ventilasi juga menjadi bagian dari solusi mengatasi rayap. Misalnya dengan cara pelebaran ventilasi. Cara ini juga bisa jadi bukti bahwa sebetulnya tak melulu harus menggunakan obat pembasmi rayap agar seluruh rayap musnah.

Sebab jika kondisi ruangan lembap maka akan sangat mudah bagi rayap untuk berkembang biak dan menetap. "Maka dari itu ventilasi udara yang cukup dapat membuat cahaya dan udara masuk ke dalam ruangan secara menyeluruh dan membuat kondisi ruangan jadi lebih bersih dan anti lembap," jelasnya.

Selain melebarkan ventilasi, juga bisa menggunakan asam borat sebagai cara membasmi rayap berikutnya. Asam borat sendiri merupakan bahan kimia untuk pembasmi rayap.

Cara menggunakannya sangat mudah hanya perlu semprotkan atau lapisi berbagai perabotan di rumah dengan cairan tersebut. "Agar hasilnya lebih maksimal, obat kimia anti rayap ini bisa gunakan berulang kali hingga rayap pun enggan untuk memakan perabotan tersebut," pungkasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image