Hewan Seperti Manusia Review Film Spongebob (The Last Land)

Image
tobagus hasanuddin
Curhat | Thursday, 17 Jun 2021, 13:36 WIB

Ketika saya melihat film spongebob bersama sodara saya di channel stasiun GTV yang berjudul the last land, yang dimana mendeskripsikan sebuah ladang ubur-ubur di destruktif (gusur) oleh mobilisasi ikan untuk dijadikan jalan raya atau jalan tol. Saya mulai berfikir betapa menariknya konsep atau propaganda yang dilakukan oleh pembuat kartun melalui penetrasi yang begitu bagus. Skenario dari film tersebut sangat unik dan lucu, tapi mempunyai makna yang begitu indah dan menampar bagi perilaku manusia. Dalam skenario tersebut betapa buruknya mobilisasi ikan di film spongebob jika mengikuti perilaku manusia (yang mempunyai akal) untuk menggusur ladang ubur-ubur agar dijadikan jalan raya super selly. hal ini bagaikan manusia menebang/menggusur pohon untuk di jadikan jalan tol. Untungnya Allah subhanahu wa ta'ala membuat skenario sesuai takdir yang ditetapkan, dimana hewan di darat dan di laut tidak mempunyai akal yang cerdas seperti manusia.

Melihat populasi hewan di darat dan di laut ada keterkaitan dengan sampah plastik manusia. Menumpuknya sampah di darat dan di laut akan menciderai ikan laut dan hewan di daratan. Hal ini akan mengakibatkan kurangnya populasi hewan di dunia akibat sampah yang menumpuk di dunia baik itu daratan dan lautan. Ada sebuah studi dari university of leeds bahwa ada 1,3 miliar ton plastic akan mencemari dunia pada tahun 2040 (Novena, 2020). dalam riset seperti ini peran negara harus mewaspadai akibat lonjakan sampah plastik yang menumpuk di dunia. Meskipun hewan mempunyai akal yang sangat rendah dibandingkan manusia yang mempunyai kelebihan. Kita sebagai umat yang terbaik (QS; Ali-Imran ayat 110) janganlah membuang sampah sembarangan, apalagi menggunakan pemakaian plastic yang berlebihhan. Karena dalam surah Ali Imran ayat 110 tadi, pada dasarnya manusia melakukan makruf (perbuatan baik) dan mencegah yang mungkar (perbuatan jelek).

Kalau misalnya Allah subhanahu wa ta'ala mentakdirkan hewan mempunyai akal yang cerdas dan bagus. Justru di muka bumi ini akan mengalami peperangan exradionary (luar biasa) antara hewan dengan manusia. Bukan spesies melawan spesies lagi. Oleh karena itu jagalah bumi ini dengan baik. Karena satu plastic botol akan mengalami penguraian selama 500 tahun hingga 1,000 tahun (Juniarta, 2016).

tobagusiyasah mahasiswa UPNVJ Ilmu Politik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Zakat Vs Pajak

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image