Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Tiga Kelompok Manusia dalam Surah Al Waqiah

Agama | Wednesday, 27 Apr 2022, 00:03 WIB
Dokpri.

Surah Alwaqiah terdiri dari 96 ayat. Diapit oleh dua surat yang juga spesial. Yaitu surah Arrahman dan surah Alhadid. Secara garis besar, ketiga surah ini menggambarkan kebesaran Allah, Rahmat dan BalasanNya bagi yang beriman dan beramal salih (tunduk sebagai muslim).

Sebagai renungan dan menambah tadabbur kita terhadap Surah ini, disebutkan bahwa kelak di mahsyar akan ada tiga kelompok besar manusia. Ini tersebut dalam ayat 88 sd 94.

Ketiga kelompok tersebut adalah:

Pertama, golongan Muqarrabun. Kedua, golongan Ashabun Yamin/golongan kanan. Ketiga, Golongan mukazzibin/pendusta (golongan kiri).

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, membedakan antara Muqarrabun dan Ashabul yamin. Menurutnya, golongan muqarrabun adalah golongan kanan yang paling kanan. Mereka akan mendapatkan kenikmatan yang berbeda namun tetap dalam rahmat Allah dan ternasuk dalam kelompok yang disambut dengan kata salam.

Dalam konteks ini, dua kelompok ini adalah golongan orang yang bertakwa sebagaimana dalam surah Azzumar. Mereka akan digiring ke surga atau dimudahkan urusannya di padang mahsyar.

Adapun yang termasuk dalam golongan kiri, pendusta para nabi dan mengingkari ajaran ilahi (sebagaimana dibawa oleh Nuh, Ibrahim, Ya'qub, Musa, Isa dan Muhammad, alaihimussalam).

Mereka sama sekali tak akan ditimbang amalnya, sebagaimana disebutkan di akhir surah alkahfi. Mereka langsung digiring ke neraka oleh para malaikat yang besar, keadaan mereka yang digiring itu seperti sekumpulan kutu yang begitu kecil dan hina.

Semoga Allah azza wajalla memasukkan kita ke golongan kanan dengan rahmatNya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image