Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Banyuasin

Bangun Pemasyarakatan yang Maju, Lapas Banyuasin Ikuti Tasyakuran HBP ke - 58

Info Terkini | Tuesday, 26 Apr 2022, 22:12 WIB
Foto : Humas Lapas Banyuasin

Hari bersejarah bagi Pemasyarakatan kian dekat. Sebuah transformasi sistem dari kepenjaraan menjadi pemasyarakatan menjadi suatu revolusi besar bagi sistem penegakan hukum di Indonesia.

Hari besar ini diberi nama Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) yang digelar tiap tanggal 27 April. Sudah 58 Tahun sistem pemasyarakatan berjalan, kini sudah banyak prestasi dan inovasi yang terus digencarkan untuk terus memajukan pemasyarakatan.

Hari ini, Rabu (26/04), semua rangkaian kegiatan peringatan HBP ke - 58 tersebut terlaksana dengan tuntas, mulai dari lomba, kegiatan sosial hingga mempromosikan produk - produk Narapidana kepada masyarakat.

Sebuah pencapaian yang mesti disyukuri dan diapesiasi bersama, melalui kegiatan hari ini yakni Tasyakuran menuju HBP ke - 58, semua insan pemasyarakatan di seluruh Indonesia melakukan refleksi diri terhadap pencapaian yang telah diberikan pada instansi nya masing - masing.

Kegiatan ini dilaksanakan di masjid Nurul Hidayah Lapas Kelas IIA Banyuasin dan diikuti oleh Kepala Lapas, pejabat eselon IV, V dan seluruh staf. Pada acara tersebut diisi oleh Menteri Hukum dan Ham RI, Prof. Yasonna H. Laoly dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, S.H. M. Hum beserta para Pimti Kementerian Hukum dan HAM lainnya.

Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars Kemenkumham, kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video serangkaian peringatan HBP ke-58 yang sudah dilaksanakan sejak akhir maret kemarin oleh seluruh Unit Pelayanan Teknis (UPT) se-Indonesia.

Direktur Jendral Pemasyarakatan RI Reynhard Saut Poltak Silitonga membacakan laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan HBP ke - 58 yang berjalan dengan sukses ini.

Di kesempatan yang sama Kementerian Hukum dan HAM melalui Ditjenpas memberikan penghargaan kepada pemenang lomba film pendek, vlog dan UPT terbaik dengan berbagai macam kategori, lalu penghargaan kepada semua stakeholder yang berperan penting pada Kemenkumham.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menutup kegiatan dengan memberikan sambutan pembakar semangatnya. Dengan mengusung tema “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju”, Yasonna mengharapkan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 ini dapat meningkatkan komitmen jajaran pemasyarakatan dalam membina Narapidana.

“Saat ini zaman sudah berubah, penjara bukan lagi tempat menghukum akan tetapi tempat membina orang yang sedang berada di jalan yang salah. Tugas kita adalah membimbing mereka menjadi orang yang lebih baik, oleh karena itu mari laksanakan tugas tersebut dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Diakhir kegiatan jelang waktu berbuka diisi dengan penyampaian Tausiyah oleh Ustadz Das’ad Latief dan diakhiri dengan doa bersama.

Foto : Humas Lapas Banyuasin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image