Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syarif. S

Cara SEO Youtube Agar Mendapatkan Banyak View

Bisnis | Monday, 25 Apr 2022, 00:43 WIB
Image: StockPhoto

Sama seperti Google, di YouTube Anda harus bersaing dalam hasil pencarian video YouTube.

Video akan muncul di bagian atas hasil pencarian YouTube. Bagaimana cara merangking channel Youtube? Jawabannya adalah SEO YouTube!

Ya, dengan menerapkan SEO YouTube yang tepat, Anda dapat bersaing di YouTube dan menarik banyak view.

Nah, jika baru mengenal dunia YouTube dan ingin mendapatkan banyak penayangan, Berikut ini panduan di bawah ini.

Pelajari Tentang SEO YouTube

YouTube selalu digunakan dalam promosi, meningkatkan brand, dan menghasilkan uang lewat kerjasama iklan.

Lalu lintas tinggi dari video dan iklan akan dikonversi menjadi pendapatan dan dapat diperoleh secara terus menerus.

Jika video memiliki jumlah penayangan yang tinggi, pendapatan akan mengikuti. Inilah sebabnya mengapa Anda harus melakukan optimasi SEO YouTube.

SEO YouTube adalah langkah pengoptimalan untuk video yang buat dan unggah di YouTube.

Tujuan untuk pengoptimalan ini adalah untuk agar video lebih mudah ditemukan oleh publik. Dengan pengguna mengetikan kata kunci tertentu, maka video akan muncul di posisi pertama.

YouTube adalah mesin pencari yang mirip dengan Google. Apa pun dalam database dapat ditemukan menggunakan kata kunci tertentu.

Karena konsepnya sama dengan SEO website, video juga perlu dioptimalkan, seperti pemberian kata kunci, tag, dll.

Jika Anda dapat mengoptimalkan video Anda dengan menerapkan teknik SEO, mereka akan lebih mudah ditemukan di platform. Anda dapat melihat detail lebih lanjut tentang pedoman SEO YouTube di ulasan berikutnya.

Baca: Cara Membuat Channel YouTube

Langkah-langkah Pengoptimalan SEO YouTube

1. Riset Kata Kunci

Dalam SEO YouTube, Anda juga mengetahui kata kunci atau kata kunci nama.

Mirip dengan konten di situs web, Anda menempatkan kata kunci dengan kepadatan tertentu, mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonim atau LSI.

Dengan menerpakan Kata kunci dengan baik, maka YouTube akan menentukan lokasi video yang dibuat. Misalnya kata kunci “cara membuat sambal”.

Pasti ada banyak persaingan untuk kata kunci ini. Mereka yang memiliki lebih banyak tampilan dan lebih banyak subcriber akan berada di peringkat teratas.

2. Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Seperti Google, algoritme YouTube rumit dan sering berubah. Menggunakan kata kunci yang sama, itu bisa menjadi video Anda di halaman pencarian yang tak terhitung jumlahnya dan lainnya di bagian atas daftar.

Dalam pencarian YouTube, video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling cocok untuk kata kunci atau terkait.

Nah, sebelum memulai segala macam optimasi dari riset kata kunci, ada baiknya mengetahui jenis video apa yang disukai.

3. Pengoptimalan Metadata

Pengoptimalan metdadata yaitu Anda harus tahu di mana harus meletakkan kata kunci tersebut. Apakah harus di video atau di deskripsi, judul, tag, dll.

Di tahap ini, Anda harus melakukan optimasi Metadata dan menempatkan kata kunci pada video.

4. Video Promosi

Anda telah menerapkan teknik SEO di atas dan apakah tugas ini telah selesai? Tentu saja tidak.

Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menarik banyak penonton video. Hal ini dilakukan melalui promosi. Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan video yang tepat.

5. Evaluasi Video YouTube

Setelah menyelesaikan keempat langkah di atas, ada langkah yang tidak kalah pentingnya, yaitu evaluasi. Anda perlu mengevaluasi semua video yang Anda publikasikan.

Siap menerapkan SEO YouTube?

YouTube dirilis untuk memenuhi keinginan tiap pengguna dengan video berkualitas serta dapat diakses dari mana saja.

Namun, seiring berjalannya waktu YouTube telah berubah dan merupakan mesin pencari sekaligus tempat untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Dengan memaksimalkan SEO di video YouTube Anda, lalu lintas Anda akan meningkat dan, kemungkinan besar, penghasilan Adsense Anda. Selain memaksimalkan aspek teknis di atas, hal terpenting dalam membuat konten adalah kualitas.

Meskipun tidak semua video berkualitas memiliki penayangan yang tinggi, setidaknya video ini layak untuk dibagikan.

Jika video tersebut bernilai dan pengoptimalan di atas dapat dilakukan dengan baik, maka Anda siap untuk mendapatkan banyak penayangan, pendapatan, dan pemirsa setia yang akan berlangganan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image