Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alexander

UMKM Hindari Hal-hal Berikut Agar Sukses

Bisnis | Sunday, 24 Apr 2022, 14:23 WIB

Saat menjalankan usaha, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan atau dihindari oleh setiap pelaku UMKM agar usahanya dapat menguntungkan, sukses, dan tidak berhenti ditengah jalan.

Saat ini banyak UMKM yang berhasil menjalankan usahanya dan menghasilkan keutungan yang besar bahkan sudah mulai mengembangkan usahnya menjadi lebih besar, namun terdapat banyak juga UMKM yang mengalami kerugian dan berhenti di tengah jalan.

Kegagalan pelaku UMKM dalam menjalankan usaha dapat terjadi karena tidak memikirkan rencana dan strategi yang matang, selain itu, pelaku UMKM juga tidak memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi usahanya, misalnya masalah lokasi usaha yang strategis.

Selain rencana, strategi dan faktor-faktor yang dapat berpengaruh ke usaha, terdapat juga hal-hal yang harus dihindari pelaku UMKM agar usaha dapat sukses dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Hal-hal yang Harus Dihindari UMKMTerlalu Banyak Berekspektasi

Terlalu banyak berekspektasi merupakan salah satu hal yang harus dihindari pelaku UMKM agar dapat sukses.

Saat memulai atau menjalankan suatu usaha sebaiknya pelaku UMKM jangan terlalu banyak berekspektasi mengenai usaha yang dijalaninya walupun sudah yakin menerapkan startegi dan rencana yang tepat.

Tidak ada salahnya untuk berekspektasi namun realistislah dalam berekspektasi dan cintai setiap proses yang dijalani dalam usaha.

Baca selengkapnya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image