Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ACHMAD MADHANI AZIZ 2020

Pola Tidur Tepat Tubuh Sehat

Gaya Hidup | Sunday, 30 May 2021, 19:33 WIB
Sumber : Shutterstock

Kita tahu bahwa setiap harinya semua orang membutuhkan tidur walaupun hanya sesaat. kasur dan bantal merupakan dua benda yang tidak akan pernah bisa di pisahkan dan akan terus menjadi teman setia menemani agenda tidur .

Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Dengan tidur manusia dapat mengembalikan energi yang telah terpakai seharian untuk bekerja. kuantitas dan kualitas tidur juga sangat penting kita ketahui agar bisa tidur dengan nyaman dan bangun dengan kondisi tubuh yang fit.

Pola tidur setiap orang berbeda-beda mulai dari balita, remaja sampai dewasa. Dan harus benar-benar terpenuhi setiap harinya. Karena jika tidak, hal itu akan berakibat buruk bagi tubuh.

Waktu tidur pun juga harus teratur dan harus memenuhi batas minimal seseorang untuk tidur. Sebagian orang mengalami kesulitan ketika akan tidur dan hal itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Jika tubuh kita tidak di istirahatkan maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun, apalagi pada saat pandemi seperti sekarang ini. maka usahakan atur pola tidur dengan sebaik mungkin agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan maksimal.

Kebanyakan remaja sampai dewasa saat ini enggan untuk menjaga pola tidur dan mereka lebih memilih untuk begadang setiap malam dengan bermain game online semalaman, nongkrong dengan teman, dan jalan-jalan ke mana-mana tanpa tujuan.

Padahal mereka sudah tahu bahwa kurang tidur dapat berakibat buruk bagi mereka akan tetapi tetap mereka lakukan tiap malamnya. Hal ini terjadi karena sudah jadi kebiasaan. Sehingga lama kelamaan kebiasaan begadang tersebut dapat membuat tidur mereka terganggu dan susah untuk tidur.

Pola tidur dapat kita atur sebaik mungkin jika faktor-faktor berikut dapat kita minimalisir

1. Minum minuman yang bisa menyebabkan susah ngantuk seperti kopi sebelum tidur.

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. “Namun, kafein bertindak sebagai stimulan dan dapat menyebabkan kegelisahan, keram perut, sering buang air kecil, dan detak jantung meningka. Hal-hal tersebut yang kemudian dapat memengaruhi tidurmu” ungkap Michael Breus, yang merupakan seorang psikologi klinis.

2. Bermain Handphone sebelum tidur.

Terlalu lama bermain hp pada malam hari apalagi dekat dengan waktu tidur dapat membuat seseorang susah untuk tidur. karena intensitas cahaya pada saat main hp dapat membuat otak mengira waktu masih siang. Apalagi dengan adanya game online seperti sekarang ini yang bisa membuat pemainnya ketagihan untuk memainkannya terus-menerus.

3. Suhu tubuh.

Semakin tinggi suhu tubuh seseorang maka semakin susah orang tersebut untuk tidur. begitu juga sebaliknya semakin rendah suhu tubuh seseorang maka semakin cepat orang tersebut untuk tidur. Hal ini terbukti saat seseorang berkeringat pada malam hari orang tersebut susah untuk tidur.

4. Stres.

Merupakan suasana tubuh dan pikiran dalam keadaan buruk, baik karena ancaman atau pun tekanan dari berbagai hal. tidur akan terasa nyaman jika kita bukan sedang dalam keadaan stres.

Agar pola tidur benar maka selain menjauhkan diri dari faktor-faktor yang dapat menyebabkan susah tidur, waktu tidur juga harus teratur dan tepat pada waktunya begitu juga dengan seberapa lama kita tidur.

Setiap orang memiliki batas minimal tidur yang berbeda-beda dan sesuai dengan umur mereka masing-masing. waktu tidur minimal balita 14-16 jam, remaja 8-10 jam, dan dewasa 7-9 jam setiap harinya.

untuk waktu tidur, siang dan malam merupakan waktu tidur yang sangat baik bagi tubuh. waktu tidur siang mulai dari jam 12:00 sampai jam 14:00. dapat meningkatkan konsentrasi bagi tubuh. sedangkan waktu tidur malam mulai dari jam 21:00 sampai jam 03:00. tentunya waktu tidur malam lebih panjang dari waktu tidur siang. karena waktu malam memang waktu untuk istirahat bagi setiap orang dan dapat mencegah munculnya beberapa penyakit.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image