Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Risa Deninta Irawan

Gampang! 6 Cara Memakai Softlens untuk Pemula

Gaya Hidup | Saturday, 23 Apr 2022, 15:47 WIB
Sumber gambar: japansoftlens.com

Bagi Anda yang lebih suka memakai softlens (lensa kontak) daripada kacamata, penggunaannya harus dilakukan dengan benar.

Jika Anda salah melakukannya, kesehatan mata dan penglihatan bisa bermasalah. Oleh karena itu, simak langkah-langkah cara memakai softlens di bawah ini untuk menghindari kesahalahan yang menimbulkan bahaya.

Cara Memakai Softlens dengan Mudah dan Benar

Selain memilih jenis lensa kontak yang tepat, Anda juga perlu mengetahui cara memasang lensa kontak dengan baik dan benar.

Hal ini sangat penting untuk Anda pahami, terutama jika Anda baru pertama kali menggunakan lensa kontak. Menurut situs web American Academy of Ophthalmology, berikut adalah langkah-langkah untuk memasang lensa kontak yang tepat:

1. Cuci Tangan dan Pastikan Tangan Bersih

Sebelum Anda memegang lensa kontak, cuci tangan dan pastikan sampai bersih. Gunakan sabun non-kosmetik karena parfum, minyak, atau losion mungkin masih tertinggal di tangan Anda. Parfum, minyak, atau losion yang tersisa dapat berpindah ke lensa kontak dan menyebabkan iritasi mata atau penglihatan.

2. Hat-Hati Saat Mengambil Softlens

Goyangkan wadah lensa kontak dengan pelan. Pegang lensa hati-hati dengan ujung jari Anda.

3. Bilas Softlens

Langkah selanjutnya dalam memakai lensa kontak agar mata tidak sakit adalah membilas lensa kontak. Sebaiknya gunakan cairan pembersih lensa khusus agar lebih aman. Ingat! Jangan pakai air keran untuk membilasnya.

4. Periksa Dulu Keadaan Lensa

Tempatkan lensa pada telunjuk atau ujung jari tengah. Pertama, pastikan lensa kontak Anda tidak sobek atau rusak. Selain itu, pastikan juga lensa tidak terbalik. Apabila softlens berbentuk melengkung menyerupai mangkuk, berarti posisinya sudah benar.

5, Mulai Pasang Softlens

Sambil bercermin, tekan kelopak mata atas dan bawah dengan jari. Disarankan agar Anda menyentuh lensa kontak dengan jari yang tidak digunakan untuk menyentuh softlens.

Selanjutnya, letakkan lensa kontak di permukaan bola mata. Saat memasang lensa, Anda dapat melihat lurus ke depan atau ke atas.

6. Tutup Mata Perlahan

Dengan mata tertutup, putar bola mata Anda secara pelan untuk memastikan lensa terpasang dengan benar. Kemudian berkedip perlahan beberapa kali. Lihat ke cermin lagi untuk melihat apakah lensa berada di tengah bola mata dan sudah dalam posisi yang benar.

Nah, bagaimana? Bahkan sangat untuk Anda yang baru saja ingin mencoba pakai lensa kontak. Untuk cara merawat softlens yang benar, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara memakai softlens ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image