Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cupang Betta

17 Umpan Mancing Ikan Lele di Kolam Harian Anti Boncos

Info Terkini | Thursday, 21 Apr 2022, 20:39 WIB

Ikan Lele adalah jenis ikan air tawar yang sudah sangat poluper dan digemari dikalangan masyarakat sebagai ikan konsumsi yang memiliki rasa enak dan tentunya banyak manfaat yang didapat ketika mengkonsumsinya.

Ikan dengan ciri kumis dan senjata patil (sirip tambahan) memiliki gerakan gesit serta suka bergerombol dengan perkembangbiakan sangat cepat membuat ikan Lele sangat tepat jika dijadikan salah satu bisnis prospektif. Bagi para pemancing, ikan Lele menjadi salah satu target buruan yang memiliki perlawanan yang mantap ketika di pancing.

Nah agar kegiatan memancing ikan Lele mendapatkan hasil yang sesuai keinginan tentunya banyak hal/faktor yang penting untuk diperhatikan, dan salah satunya yaitu tetkait dengan umpan mancing. Pemilihan umpan yang ampuh untuk mancing ikan Lele di kolam harian sangat penting, dimana biasanya para pemancing menggunakan umpan alami maupun umpan racikan.

Ikan Lele adalah ikan yang dikenal sangat rakus dan mudah teransang oleh godaan air ataupun aroma-aroma mangsanya karena ikan Lele juga dikenal memiliki penciuman yang tajam, jadi untuk memilih umpan untuk mancing ikan Lele bisa dibilang cukup mudah.

Ikan Lele sebenarnya adalah jenis ikan Nokturnal, dimana di habitat aslinya melakukan berbagai aktivitas seperti pencarian makan lebih aktif ketika dimalam hari, ketika siang hari biasanya digunakan untuk berdiam diri serta berlindung ditempat yang gelap atau teduh.

Tetapi situasi berbeda jika ikan Lele berada di kolam pemancingan harian atau empang, dimana sudah sejak kecil ikan Lele diberi makan setiap pagi, sore hingga malam hari sehingga membuat ikan Lele sudah tidak bersifat Nokturnal lagi artinya mencari makan setiap saat. Dikutip dari cupangbetta.id berikut adalah rekomendasi umpan mancing ikan Lele di kolam harian, baik jenis umpan alami maupun racikan :

1. Umpan Alami Mancing Ikan Lele di Kolam Harian

Seperti kita ketahui dihabitat aslinya ikan Lele merupakan jenis ikan omnivore, artinya memakan segala yang ada di area sekitar habitatnya, seperti hewan-hewan kecil dan lainsebagainya. Nah berikut adalah beberapa jenis umpan alami ampuh untuk mancing ikan Lele di kolam harian :

· Semua jenis cacing (cacing tanah, sutera dan lain-lain)

· Ulat daun pisang

· Laron

· Udang segar

· Jangkrik

· Olahan belut (digoreng atau dipepes lalu potong kecil-kecil)

· Daging keong

· Daging bekicot

· Ikan Teri

· Usus Ayam

· Katak kecil

· Orong-orong

· Cicak bakar

2. Umpan Racikan Mancing Ikan Lele

Dibawah ini merupakan umpan racikan untuk mancing ikan Lele di kolam harian dari bahan-bahan yang ada disekitar kita atau bisa kita dapatkan ditoko-toko terdekat.

Umpan Racikan Pertama

Bahan :

· Rebusan kuning Telur

· Pelet

· Terasi

· Bawang Putih

· Air secukupnya

Cara Meracik :

Campur semua bahan diatas kedalam satu wadah, aduk hingga merata dan terlihat mengental serta mudah dibentuk. Diamkan beberapa saat, maka umpan siap digunakan.

Umpan Racikan Kedua

Bahan :

· Kuning Telur

· Pelet PF 1000

· Terasi

· Madu asli

· Bawang Putih

· Air secukupnya

Cara Meracik :

Campur dan jadikan satu semua bahan, uleni dan aduk-aduk hingga mengental serta mudah dibentuk, maka umpan mancing ikan Lele di kolam harian siap digunakan.

Umpan Racikan Ketiga

Bahan :

· Tepung ikan teri

· Tepung udang

· Kuning telur matang

· Terasi

· Bawang putih

· Pelet PF 1000 + 781-2 SP

· Air secukupnya

Cara Meracik :

Satukan dan tuang semua bahan dalam satu wadah, kemudian uleni sambil kasih air hangat sedikit demi sedikit lalu aduk hingga merata dan mengental serta mudah untuk dibentuk, buat bulatan kecil-kecil seukuran mata kail yang akan dipakai dan umpan siap digunakan.

Umpan Racikan Keempat

Bahan :

· Ati Ayam

· Madu

· Bawang Putih

· Rebusan kuning telur

· Terasi

· Pelet udang

· Air secukupnya

Cara Meracik :

Pertama rebus ati ayam sampai matang lalu hancurkan hingga lembut. Setelah itu campurkan semua sisa bahan dan aduk-aduk hingga merata dan mudah dibentuk, buat bilatan kecil-kecil seukuran mata kail maka umpan siap digunakan.

Demikian pembahasan mengenai umpan mancing ikan Lele di kolam harian yang bisa kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini, Terima kasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image