Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Henni Selfianti

Peran Perbankan Syariah dalam Memenuhi kebutuhan Masyarakat

Eduaksi | Monday, 24 May 2021, 22:55 WIB

Manusia bisa melakukan aktivitas produksi seperti pertanian, perkebunan, peternakan, pengolahan makanan dan minuman. Ia juga dapat melakukan aktivitas distribusi seperti perdagangan atau dalam bidang jasa seperti transportasi dan kesehatan.Peran institusi keuangan dalam hal ini menjadi sangat penting, karena dapat menyediakan modal bagi orang yang ingin berusaha. Dalam Islam, hubungan pinjam meminjam tidak dilarang, bahkan dianjurkan agar terjadi hubungan saling menguntungkan, yang pada gilirannya berakibat kepada hubungan persaudaraan. Hal yang perlu diperhatikan adalah apabila hubungan itu tidak mengikuti aturan yang diajarkan oleh Islam. Karena itu, pihak-pihak yang berhubungan harus mengikuti etika yang digariskan oleh Islam. Perbankan Syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam. Usaha pembentukan sistem ini didasarkan pada larangan dalam Islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba. Serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram seperti usaha yang berkaitan dengan produksi makanan dan minuman haram, serta usaha media yang tidak Islami, di mana hal ini tidak dapat dijamin oleh sistem perbankan konvensional.

Bank syariah mempunyai peranan yang sangat penting untuk mendukung pembangunan nasional dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sektor pertanian, usaha mikro, peternakan, perikanan dan sektor masyarakat lainnya yang merupakan sumber sektor mata pencaharian sebahagian besar penduduk Indonesia. Sudah selayaknya bank syariah dapat berperan lebih dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama untuk membantu kebutuhan ekonomi masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Ajaran Islam sangat menekankan urgensi keberpihakan kepada masyarakat kecil. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW. bersabda Kalian akan ditolong dan diberi rezeki dengan sebab (kalian menolong) kaum dhuafa di antara kalian.

Bank syariah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Perkembangan Pasar Perbankan Syariah yang telah dicanangkan oleh OJK dengan tujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang bebas riba. Bank syariah memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kemanfaatan produk dan jasa yang dimiliki bank syariah. Banyak masyarakat yang telah sadar dan mengetahui peranan penting bank syariah, produk maupun jasa bank syariah, apabila dilihat dari aspek pemahaman masyarakat dengan menggunakan indikator pengetahuan nasabah mengenai kehalalan produk dan jasa bank syariah, perbedaan bagi hasil dan bunga, serta akad yang digunakan di bank syariah maka diperoleh kesimpulan bahwa masyarakat pada umumnya sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai bank syariah. Peran Bank Syariah di Indonesia menuju masyarakat Indonesia yang bebas riba dalam memenuhi kebutuhan masyarakat adalah :

1.Bank syariah menyediakan jasa keuangan syariah

Bank syariah menyediakan jasa keuangan bagi mereka yang ragu-ragu atau tidak cocok dengan sistem bank konvensonal, karena penggunaan sistem bunga (interest) di bank konvensional dianggap sebagai riba. Dengan adanya alternatif jasa keuangan ini, semakin banyak orang yang dapat memiliki tabungan untuk menyimpan penghasilan dan melakukan transaksi keuangan. Masyarakat juga memiliki akses sumber pendanaan untuk kebutuhan seperti kendaraan dan perumahan dengan sistem ekonomi syariah dari bank-bank syariah ini.

2. Membantu usaha kecil dan menengah untuk berkembang

Peran bank syariah sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat miskin dan marginal, yang lemah secara ekonomi, lemah secara keilmuan dan juga lemah secara keberdayaan lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya.

Bank syariah menggunakan sistem bagi hasil yang cocok digunakan oleh usaha kecil dan menengah. Dengan pinjaman dari bank syariah, usaha kecil dan mengengah ini dapat lebih mudah mendapatkan tambahan modal usaha membeli peralatan baru atau bahan baku, sehingga usahanya bisa lebih berkembang tanpa riba.

3. Melakukan kegiatan sosial

Bank syariah memiliki kewajiban sosial untuk membantu masyarakat, dan bukan hanya mengejar keuntungan sebesar-besarnya saja. Kegiatan sosial yang dapat dilakukan dapat berupa penyaluran zakat, infaq dan shadaqah, pemberian beasiswa serta bakti sosial. Bank syariah juga dapat menghimpun dana sosial yang berasal dari wakaf uang dan menyalurkannya kepada pengelola wakaf sesuai dengan kehendak pemberi wakaf.

4. Mensejahterakan masyarakat

Dengan membantu usaha kecil dan mengengah berkembang dan dengan melakukan kegiatan sosial, maka bank syariah akan membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat. Peran bank syariah sebagai lembaga bisnis keuangan, dimana manajerial bank syariah memiliki tanggung jawab terhadap shareholders dalam menjalankan modal untuk memperoleh laba, memiliki tanggung jawab moral dalam membantu kalangan ekonomi lemah dan marginal, guna mengurangi beban kehidupan yang dialami oleh masyarakat sekitar.

#retizencompetition #retizencompetition

#banksyariah #retizencompetition

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image