Ini Pemenang Lomba Penulisan Bank Syariah Republika

Image
Republika Citizen
Info Terkini | Wednesday, 02 Jun 2021, 18:18 WIB

JAKARTA -- Lomba Tulis Bank Syariah Republika telah memilih para pemenangnya. Penjurian dilakukan pada sekitar 500 tulisan yang terdaftar melalui kanal Retizen Republika.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi dengan beragamnya tema tulisan yang masuk ke meja panitia. Ketua Dewan Juri yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji, mengatakan, berbagai artikel yang ditulis para peserta menunjukkan minat literasi bank syariah yang semakin prospektif.

"Banyak sekali tulisan yang bagus dan mengangkat ide orisinal serta unik sehingga pemilihan pemenang dan tulisan terbaik berdasarkan pada penilaian menyeluruh, baik kuantitatif maupun kualitatif," katanya, Rabu (1/6).

Pemilihan kuantitatif menggabungkan aspek tata bahasa, kelengkapan tulisan, isu tulisan, alur, serta visualitas artikel yang digambarkan dengan foto, inforgrafis, ilustrasi, dan lainnya. Sementara, penilaian kualitatif berdasar pada aspek orisinalitas, ide yang autentik, keunikan tema, penulisan yang spesial, serta penyampaian narasinya yang membawa semangat serta faedah.

Bermacam tulisan para peserta menunjukkan besarnya potensi ekonomi syariah yang perlu terus digali oleh semua pihak. Tema bank syariah diangkat para penulis dari pengalaman personal, literasi produk, perkembangannya, pembahasan ilmiah, hingga prospek pada masa depan.

Tema lain mengangkat peran dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator penting dalam menggiring perkembangan ekonomi syariah nasional. Lomba penulisan ini diharapkan bisa meningkatkan literasi, edukasi, serta minat masyarakat untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi, memuji antusiasme peserta dari seluruh Indonesia, bahkan ada peserta yang berasal dari luar negeri. Irfan mengaku optimistis antusiasme ini merupakan cerminan masa depan perbankan syariah di Indonesia yang semakin cerah.

"Ini menjadi kabar gembira bagi pelaku industri perbankan syariah bahwa publik begitu antusias atas peran bank-bank syariah," kata Irfan.

Berikut adalah pemenang Lomba Penulisan Bank Syariah Republika:

Juara 1. Ratih Kartika - Sleman - Mengakar Kuat dan Tumbuh bersama Bank Syariah

Juara 2. Muhammad Syukur, S.Pd - Tegal - Gerakan Remaja Mini Sharia Bank in the School

Juara 3. Samdysara Saragih - Bogor - Kisah Seorang Guru Nasrani dan Dua Rekening Syariahnya

Juara Harapan 1. Abdul Muid Badrun, SE, ME - Ponorogo - Bank Syariah Semakin Dekat dengan Santri

Juara Harapan 2. Leo Khadafi Siregar - Jakarta - Etalase Investasi, sebuah Improvisasi Bisnis Model di Bank Syariah

Juara Harapan 3. Zainal Cahyanto Airlangga - Bogor - Sinergi Bank Syariah Indonesia dalam Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren

Lomba Tulis Perbankan Syariah bertema "Anak Muda Melek Perbankan Syariah!" ini berhasil digelar berkat kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia, Lembaga Penjamin Simpanan, serta Otoritas Jasa Keuangan. Diharapkan para pemenang dan masyarakat secara keseluruhan bisa terus menebar semangat ekonomi syariah.

Juara 1 akan mendapatkan hadiah tabungan BSI senilai Rp 5 juta, trofi, dan piagam. Juara 2 mendapatkan tabungan BSI Rp 3,5 juta, trofi, dan piagam. Juara 3 mendapatkan tabungan BSI sebesar Rp 1,5 juta, trofi, dan piagam. Juara Harapan 1, 2, 3 mendapat masing-masing tabungan BSI senilai Rp 500 ribu dan piagam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menangisi Kehilangan, Ihwal Manusia yang Posesif

Image

Tokoh-Tokoh Ahlusunnah wal Jama'ah

Image

Sejarah Terbunuhnya Husain bin Ali

Image

Mengenal Konsep Syiah Imamiyah dan Perkembangannya di Indonesia

Image

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Mudah Menghapus Follower TikTok yang Menyebalkan

Image

Proses Konversi Golongan Syiah dan Khawarij

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image