Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Daud Bachtiar

Gubernur Riau Apresiasi Safari Dakwah Nusantara BAZNAS

Eduaksi | Thursday, 21 Apr 2022, 13:17 WIB

Sekolah Cendekia BAZNAS gelar Safari Dakwah Nusantara di delapan titik di seluruh Indonesia. Diantaranya adalah Provinsi Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Papua Barat, DKI Jakarta, Bandung dan Bogor. Seluruh siswa disebar untuk menyebarkan ajaran islam ahlu sunnah yang wasathiyyah (moderat).

Safari Dakwah Nusantara merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang terpusat di masjid. Setiap titik dakwah siswa mengisi guna memakmurkan masjid. Diantaranya dengan memperbanyak tilawah, Kultum, Imam Tarawih, mengajar di Taman pendidikan al-Quran masjid dan berbagai kegiatan lainnya.

Miqdad, Ketua Safari Dakwah Nusantara menjelaskan bahwa sebaran siswa keberbagai titik diharapkan dapat memaksimalkan peran siswa dan menjadi langkah pengejawantahan ilmu yang di dapatkan selama di Sekolah Cendekia BAZNAS.

“kami berikan pelatihan khusus kepada siswa agar mereka dapat memaksimalkan perannya di masing-masing titik. Hal ini menjadi awal bagi mereka untuk nantinya juga mereka akan pulang ke daerah asal menyebarkan nilai-nilai cendekia.” ungkap Miqdad.

Riau menjadi salah satu titik Safari Dakwah Nusantara BAZNAS, tepatnya di Masjid Paripurna al-Falah Darul Muttaqin. Sebanyak 8 siswa dan 1 guru pembimbing melakukan giat aktivitas memakmurkan masjid.

Daud Bachtiar, guru pembimbing dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa di Riau mereka bersama siswa dari berbagai daerah, diataranya Meranti, Bengkalis, Belalawan dan Kampar. Selama tiga hari melakukan berbagai aktivitas pengabdian.

“Alhamdulillah seluruh jamaah disini sangat terbuka dan menyambut dengan sangat baik, siswa diberikan izin untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya tadarus Quran, Kultum, Moderator kajian, serta membantu pelaksanaan kegiatan masjid lainnya. Ini akan bermanfaat untuk anak-anak sebagai modal mereka nantinya kembali berdakwah di daerah asal, terlebih siswa Sekolah Cendekia BAZNAS asal Provinsi Riau mayoritas dari pedalaman.” Jelas Daud.

Hadir pula dalam salah satu kegiatanya adalah Bapak Syamsuar, Gubernur Riau. Dalam kesempatan bertemu dengan siswa Sekolah Cendekia BAZNAS ia mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena peserta Safari Dakwah Nusantara merupakan siswa dhuafa yang diberikan beasiswa oleh BAZNAS untuk mendapatkan pendidikan berkualitas, sehingga nantinya mereka dapat kembali mengembangkan Riau dikemudian hari. Selain itu pula terdapat dua siswa dalam safari dakwah tersebut juga yang masih memiliki orang tua non Islam namun berhasil menghafal 6 Juz al-Quran dan 85 hadits.

“MasyaAllah, ini program yang luar biasa” ujar Gubernur Riau tersebut.

Sekolah Cendekia BAZNAS melalui berbagai program senantiasa menyelengarakan pendidikan berkualitas untuk membentuk pemimpin masa depan. Sekolah bebas biaya yang dikelola BAZNAS tersebut saat ini telah memiliki sebaran peserta didik dari 25 Provinsi di seluruh Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image