Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Karta Raharja Ucu

Siapa yang Mendapatkan Doa Mustajab dari Malaikat?

Agama | Sunday, 23 May 2021, 19:05 WIB
Ilustrasi berdoa. Foto: Republika.co.id

Doa malaikat itu doa yang mustajab. Di antara banyaknya doa, Malaikat akan mendoakan manusia yang memperhatikan nafkah keluarga dan gemar bersedekah agar mendapatkan ganti serta memperoleh keberkahan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam seperti dirawikan Abu Hurairah dan diriwayatkan dalam HR Bukhari No. 1442 dan Mulism No. 1010, bersabda, Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga). Malaikat yang lain berdoa, Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).

Dalam Surah Saba ayat 39 juga diterangkan siapa yang memberi nafkah kepada keluarga, kepada kerabat, dan rajin mengeluarkan sedekah sunnah, maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti.Katakanlah: Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya (QS. Saba: 39). Maksud ayat, siapa saja yang mengeluarkan nafkah dalam ketaatan pada Allah, maka akan diberi ganti.

Dalam hadits qudsi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Allah Tabaraka wa Taala: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu. (HR. Bukhari no. 4684 dan Muslim no. 993)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image