Siapa yang Mendapatkan Doa Mustajab dari Malaikat?

Image
Karta Raharja Ucu
Agama | Sunday, 23 May 2021, 19:05 WIB
Ilustrasi berdoa. Foto: Republika.co.id

Doa malaikat itu doa yang mustajab. Di antara banyaknya doa, Malaikat akan mendoakan manusia yang memperhatikan nafkah keluarga dan gemar bersedekah agar mendapatkan ganti serta memperoleh keberkahan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam seperti dirawikan Abu Hurairah dan diriwayatkan dalam HR Bukhari No. 1442 dan Mulism No. 1010, bersabda, Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga). Malaikat yang lain berdoa, Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).

Dalam Surah Saba ayat 39 juga diterangkan siapa yang memberi nafkah kepada keluarga, kepada kerabat, dan rajin mengeluarkan sedekah sunnah, maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti.Katakanlah: Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya (QS. Saba: 39). Maksud ayat, siapa saja yang mengeluarkan nafkah dalam ketaatan pada Allah, maka akan diberi ganti.

Dalam hadits qudsi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Allah Tabaraka wa Taala: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu. (HR. Bukhari no. 4684 dan Muslim no. 993)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Singa JP Coen di Lapangan Banteng

Naik Oplet di Jakarta, Bagaimana Sih Rasanya?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

3 Dimensi Bahasa Bisnis dalam Laporan Keuangan

Image

Sudah Vaksin Mau Dapat Casback 10 Juta? Begini Caranya!

Image

Korupsi Bantuan Sosial di Masa Covid 19

Image

Gubernur Banten Ungkap Keterbatasan Tenaga Medis!

Image

Birokrasi Pemerintahan di Indonesia

Image

Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image