Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image RAHMAT HUSEIN LUBIS

3 Tahun Bersama Produk Bank Syariah

Eduaksi | Sunday, 23 May 2021, 08:37 WIB

Perbankan telah menjadi salah satu industri jasa yang memberikan sumbangan terhadap pendapatan nasional negara. Perbankan memiliki fungsi sebagai suatu lembaga keuangan perantara untuk menyalurkan kembali dan menampung dana masyarakat bersifat produktif (Kasmir, 2014). Melalui bank syariah masyarakat milenial sekarang pandai dan bijak dalam memilih bank dan jenis pembiayaan yang mana supaya dapat memenuhi kebutuhan kehidupannya.

Awal duduk dibangku perkulihan membuat sedikit kewalahan bagi para orang tua dalam mengirimkan biaya kebutuhan hidup anaknya selama kuliah. Bagaimana agar anaknya dapat menyimpan uang yang dikirim dengan baik sebelum waktu pengiriman berikutnya, serta agar tidak mudah hilang atau diambil oleh teman-temannya. Untuk menjawab itu semua produk dari perbankan syariah ini mungkin menjadi solusinya. Produk Tabungan Easy Wadiah namanya, dimana produk lembaga keuangan syariah yang dibuat oleh PT. Bank Syariah Mandiri. Awal mula saya menggunakan produk perbankan syariah khususnya akad Tabungan Easy Wadiah sejak saya memasuki kuliah awal semester 2. Masuk semester 1 di Kampus IAIN Padangsidimpuan sedikit memberikan kewalahan bagi orang tua saya dalam mengirim biaya kebutuhan. Pertama kali Ibu mengirim kepada saya selalu menggunakan jasa kirim melalui angkutan umum. Akhirnya semester 1 pun berakhir, tiba semester 2 saya mulai memikirkan bagaimana agar orang tua saya lebih mudah dalam mengirim kebutuhan saya selama kuliah. Suatu hari saya pergi ke Bank Syariah Mandiri di Kota Padangsidimpuan, yang sekarang telah bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia. Saya kesana ingin menjumpai salah satu Customer Service Bank Syariah Indonesia. Saya ingin menanyakan produk apa yang cocok bagi seorang pelajar khususnya bagi kalangan mahasiswa. Setelah dijelaskan oleh si Customer Service, saya tertarik untuk menggunakan akad dengan produk Tabungan Easy Wadiah. Akhirnya saya membuka tabungan di Bank Syariah Indonesia dengan produk tersebut. Tabungan Easy Wadiah merupakan tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad Dhamanah dimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetor setiap saat dan selama jam kas dibuka pada konter Mandiri Syariah (webform.bsm.co.id). Manfaat dari produk tabungan wadiah ini sangat banyak, diantaranya:

1. Biaya administrasi setiap bulanan cuman 1000.

2. Biaya tarik tunai di seluruh ATM Bank Syariah Mandiri gratis.

3. Online diseluruh outlet Bank Syariah Mandiri.

4. Mudah dalam pelayanan melaui M-Banking.

5. Kartu ATM produk tabungan wadiah dapat dilakukan seluruh jaringan Mesin ATM Mandiri, Bersama, dan Prima.

6. Biaya transaksi diseluruh mesin EDC Mandiri dan EDC Prima gratis.

7. Dapat melakukan penyaluran zakat, infaq, dan sadakah.

Untuk risiko pada produk tabungan wadiah ini tidak ada. Persyaratan dalam mendaftar produk tabungan wadiah ini cukup mudah yaitu hanya KTP atau KTM bagi seorang pelajar. Produk tabungan wadiah memiliki fitur dan biaya sebagai berikut; produknya dengan akad simpanan atau dikenal dengan wadiah yad dhamanah, saldo dapat di cek melaui Mobile BSI, setoran awal minimumnya Rp. 100.000, setoran berikutnya minimal Rp. 10.000, saldo minimum Rp. 50.000, penarikan uang di mesin ATM gratis (wawancara dengan costumer service BSI KC Padangsidimpuan).

Sekarang saya sudah semester 6, sudah tiga tahun bersama produk Bank Syariah Indonesia dengan akad Tabungan Wadiah. Alhamdulillah produk Tabungan Easy Wadiah memudahkan saya dan orang tua saya dalam proses pengiriman baiaya pendidikan saya selama kuliah. Tabungan Easy Wadiah ini sangat membantu saya dalam mengatur keuangan disaat orang tua belum mengirim uang keperluan kebutuhan dan perkulihaan. Tabungan Easy Wadiah dapat ditransaksikan melalui M-Banking BSI, sehingga mempermudah saya dalam berbelanja di supermarket dengan cara scane QR codenya. Selain itu, dalam M-Banking BSI saya dapat melakukan berbagi-Ziswaf. Berbagi Ziswaf adalah suatu bentuk transaksi zakat, infaq, dan wakaf kita hanya melalui genggaman android. Dengan membuka fitur berbagi-Ziswaf di M-Banking BSI dan pilih jenis transaksi apa yang hendak saya lakukan. Selain berbagi Ziswaf saya juga dapat melakukan transfer ketika saya mengikuti event mahasiswa dan membayar belanjaan saat belanja online. Setelah saya melakukan salah satu jenis transaksi di M-Banking BSI secara otomatis saldo dari Tabungan Easy Wadiah saya akan terpotong dan saldo dapat dilihat di M-Banking BSI. Ketika saya memiliki uang berlebih dari hadiah berbagai lomba yang saya ikuti, saya mulai memikirkan ingin menyisihkan uang tersebut untuk berinvestasi emas di Bank Syariah Indonesia. Alhamdulillah sekarang saldo total tabungan emas saya di M-Banking Syariah Indonesia 5,0713 Gram. Dalam fitur e-mas M-Baking Syariah Indonesia kita dapat menabung emas dengan menyicil minimum 40.000/bulan. Mengapa saya mulai berinvestasi melalui tabungan emas, karena saya berfikir harga nilai emas tidak akan pernah turun dari tahun ketahun. Sehingga jika terjadi sesuatu dikemudian hari saya dapat menukarkan emas saya dalam bentuk rupiah dan juga dalam bentuk emas Terimakasih Bank Syariah Indonesia telah membantu saya dalam mengatur keuangan saya selama duduk dibangku perkuliahan.#retizencompetition

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image