Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fernanda Putra

Menabung dengan Sistem Syariah Agar Masa Depan Lebih Baik

Eduaksi | Sunday, 23 May 2021, 00:09 WIB
https://th.bing.com/th/id/OIP.EJEfOPK3--FO4YvlFsD2zAHaDq?w=344&h=172&c=7&o=5&pid=1.7

Menabung adalah hal atau kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang, tertutama di kalangan anak kecil dan remaja, yang dimana pemuda pemuda itu nantinya akan merasakan masa masa yang akan membuat sadar untuk pentingnya kehidupan kedepan dengan adanya tabunga. Maka dari itu para orang tua atau orang orang sekitar memberikan informasi atau melakukan kegiatan menabung untuk bisa di tiru dan di lakukan juga oleh sanak kecil, remaja, dan para pemuda lainnya. Di sisi lain itu juga sebagai ilmu yang bisa berguna kedepannya. Menabung tersebut harus bisa di tanamkan sejak kecil, karena dengan itu bisa menjadi kebiasaan saat beranjak dewasa dan seterusnya.

Para pemuda yang dimana banyak sekali keinginan keinginan yang akan membuat mereka Bahagia sementara atau selamanya di mana muda maupun tau, atau kebutuhan yang benar benar membuat mereka Bahagia sementara atau selamanya di masa mudanya dan masa tuanya. Tidak jarng juga di masa kecil sudah bekerja memenuhi kehidupannya sendiri dan orang tua nya yang mungkin sudah tidak mampu, atau juga yang sudah tua dengan umur yang rentan masih mencari nafkah sendiri demi menghidupi kehidupannya dan anak cucu mereka. Dengan hal itu pastinya kita perlu tahu untuk masa sekarang dan kedepannya demi keberlangsungan hidup kita sendiri, keluarga, dan orang lain. Sebida kita, semampu kita untuk terus membagikan rezeki pada yang membutuhkan. Jangan sampai kita yang malah meminta rezeki kepada orang lain.

Karena banyak sekali pada zaman zaman sekarang yang serba modern, serba canggih, dan serba mewah, yang dimana pada pemuda banyak sekali terjerumus pada rasa malu atau gengsi yang ada pada zaman sekarang ini. bukan membeli demi kebutuhan, melainkan membeli demi keinginan semata, yang juga akan membuat mereka akan seakan mempunyai segalanya di masa mudanya, tetapi tidak memikirkan hari esok atau hari tuanya nanti. Dengan begitu harus adanya Pendidikan menabung atau menyisihkan uang sekecil apapun itu, pasti akan berguna dan akan banyak di masa depannya.

Dengan teknologi yang berkembang dan semakin canggih, yang membuat dan membantu semua pekerjaan manusia dan lain sebagainya, sistem menabung pun juga semakin banyak ragamnya, mulai dari menabung di aplikasi, di mesin atm secara scaning, dan masih banyak lagi berbagai macam cara menabung, dengan hal itu juga sisi lain akan membuat pemuda semakin tertarik dengan teknologi tentang menabung di bank. Banyak juga aplikasi aplikasi yang membantu dalam membeli sesuatu barang dengan mudah dan cepat, yang di mana juga di sisi lain bisa mendapatkan cashback, ataupun mendapatkan diskon jika membeli dengan aplikasi tertentu. Dengan berbagai fitur teknologi seperti itu bisa membangkitkan rasa ingin tau dan mencoba hal baru oleh pada pemuda maupun orang orang lainnya.

Dan sekarang juga yang dimana seluruh Indonesia masih di melanda pandemic virus corona atau covid 19, yang semua masyarakat harus mematuhi protocol Kesehatan dengan baik dan benar, seperti menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter, selalu memakai masker di saat keluar ruangan, dan sering mencuci tangan setiap melakukan kegiatan. Dengan begitu aktivitas di bank terutama harus di kurangi, dalam arti antrian harus setengah persen dari biasanya, harus adanya jaga jarak di dalam ruangan, memakai masker selalu, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

Dengan sekarang ini para pihak perbankan membaiki atau menguubah sistem menjadi Syariah, yang mana juga itu adalah hukum atau aturan secara islami, dimana semua pihak antara perbankan dan nasabah bisa mendapatkan keuntungan yang setara tanpa adanya kata riba. Dan aplikasi aplikasi yang di buat oleh pihak perbankan juga di perbarui dengan sistem Syariah. Dengan begitu para pemuda menabung maupun bertransaksi lainnya bisa menjadikan yang terbaik dalam menjalankan ekonomi Syariah, masa depan dengan begini bisa menjadi yang terbaik tanpa adanya riba.

Zainul Arifin, M. B. A. (2012). Dasar-dasar manajemen bank syariah. Pustaka Alvabet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image