Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adam Ilham Said

Media Pembelajaran Solusi Minat Belajar di Masa Pandemi

Eduaksi | Thursday, 20 May 2021, 11:05 WIB

Oleh : Adam Ilham Said

Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENDIDIKAN merupakan sebuah usaha atau proses yang melibatkan peserta didik dan pengajar dalam suatu waktu dengan tujuan mencapai manusia yang bermartabat.

Di Indonesia, Pendidikan diatur dalam peraturan yang mewajibkan setiap warganya menempuh pendidikan. Dalam mencapai keberhasilan tersebut, pastinya banyak cara yang ditempuh oleh seorang pengajar.

Mulai dari merancang materi, metode pembelajaran yang digunakan hingga media yang tepat untuk mencapai keberhasilan materi yang disampaikan.

Pendidikan sendiri mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan masalah baru yang tidak diduga sebelumnya.

Kegiatan pembelajaran yang biasa mereka lakukan di kelas kini harus berpindah di rumah masing-masing. Usaha demi usaha dilakukan untuk menunjang Pendidikan yang lebih baik, hingga pada akhirnya tenaga pendidik menemukan metode yang sesuai untuk mengatasi pembelajaran saat kondisi seperti sekarang ini.

Salah satu metode yang sesuai yaitu pembelajaran dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran sendiri dapat berbentuk konvensional atau multimedia interaktif.

Pada masa pandemi sekarang ini, anak-anak terlihat sangat tak bergairah untuk belajar, khususnya anak usia sekolah dasar. Mereka memilih menghabiskan waktu untuk bermain dibandingkan untuk belajar. Banyak orang tua yang mengeluhkan hal tersebut.

Salah satu metode yang sesuai yaitu pembelajaran dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Media pembelajaran sendiri dapat berbentuk konvensional atau multimedia interaktif.

Harapannya, dengan adanya media, anak usia sekolah dasar dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan lebih menarik yang terpenting tergugah kembali untuk semangat belajar.

Salah satu media pembelajaran yang paling sederhana adalah flashcard. Media flashcard adalah sekumpulan kartu yang bertuliskan informasi seperti kata-kata, angka ataupun gambar.

Flashcard sering digunakan sebagai media untuk menghafal. Flashcard digunakan secara luas dalam berbagai model permainan sehingga siswa tidak merasa terbebani dengan materi yang disampaikan.

Selain itu adapula media pembelajaran multimedia interaktif. Media ini merupakan gabungan dari gambar, suara, teks, animasi yang dipadukan sedemikian rupa sehingga menarik untuk disimak dan dipelajari. Media yang cocok digunakan sekarang ini. Apabila siswa telah melihat media ini, diyakini, mereka antusias untuk mempelajari materinya.

Bagi anda para pendidik yang baru mengetahui info ini, patut untuk segera dicoba

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image