Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ninin Nun 'Aini_28

MAHASISWA KKNT UMPWR - PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA REDIN MELALUI DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK

Eduaksi | Thursday, 17 Feb 2022, 20:46 WIB

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 36 Universitas Muhammadiyah Purworejo telah melaksanakan program kerja “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Daur Ulang Sampah Plastik” yaitu memanfaatkan limbah plastik menjadi berbagai bungai sebagai hiasan rumah yang dilaksanakan di salah satu rumah warga Desa Redin, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

Kegiatan ini dinarasumberi oleh Lambang Surbakah Hanafi Mahasiswa PGSD Semester 5 pendiri Bank Sampah Desa Salam, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Persatuan Darwis Dusun Krajan turut memeriahkan acara tersebut, dengan jumlah peserta sekitar 50 orang.

Tujuan pemberdayaan masyarakat dengan mendaur ulang sampah plastik adalah mengedukasi masyarakat Desa Redin tentang pemanfaatan sampah plastik daur ulang sehingga dapat menghasilkan nilai dan menghasilkan rupiah.

Menurut Lambang (21), sampah anorganik yang berasal dari plastik, kaleng, sedotan dan lain-lain dapat diolah kembali menjadi hiasan bunga dan hiasan lainnya. Lambang juga memberi pengarahan mengenai bank sampah yang dapat didirikan di Desa Redin guna menanggulagi sampah plastik yang kian banyak.

Sampah Plastik Banyak di Temui Dimana Mana

Ikhsan (23), ketua KKNT menambahkan, pemberdayaan masyarakat melalui daur ulang sampah plastik didorong oleh banyaknya sampah plastik yang dibuang di Desa Redin, dan belum ada solusi untuk mengatasinya. Masyarakat di Desa Redin belum mengetahui cara menggunakan sampah plastik dengan bijak. Masyarakat di Desa Redin membuang sampah plastik kemudian membakarnya, yang tidak hanya mencemari tanah, tetapi juga mencemari udara yang dihasilkan oleh asap dari sampah.

Pemberdayaan masyarakat melalui daur ulang sampah plastik diharapkan menjadi solusi untuk memberikan pemahaman baru bagi Masyarakat Desa Redin mengenai pentingnya daur ulang sampah plastik supaya masyarakat Desa Redin memiliki kebiasaan baru dalam menjaga kelestarian lingkungan dan terhindar dari polusi udara.

Mahasiswa KKNT Kelompok 36 Universitas Muhammadiyah Purworejo berharap melalui program kerja “Memberdayakan Masyarakat Melalui Daur Ulang Sampah Plastik”, masyarakat dapat kreatif memanfaatkan sampah plastik untuk menghasilkan rupiah.

Manfaatkanlah sampah sebijak mungkin. Jangan pandang sampah hanya sebagai barang buangan semata, tetapi manfaatkanlah sampah sehingga menjadi barang yang berguna.

Kelompok 36 KKN Tematuk Universitas Muhammadiyah Purworejo yang terdiri dari Ikhsan Dwi Cahyo (Management), Sartika (PGSD), Ninin Nun Aini (PGSD), Meilisa Kusuma Putri (Management), Wildan Azka Masruri (PTO)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image