Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deny Oey

Kemudahan Akses BPJS Kesehatan Dengan Layanan Tanpa Tatap Muka

Info Terkini | Tuesday, 19 Apr 2022, 13:33 WIB
Layanan PANDAWA

Di era yang serba digital saat ini, ada banyak hal yang bisa dikerjakan secara online atau di rumah saja. Apa lagi, di masa pandemi dimana kita harus meminimalisir kontak fisik juga membuat segala aktivitas harus dan bisa dikerjakan dari rumah.

Work from home (WFH), virtual meeting, belanja online atau pesan makanan online adalah contoh dari beberapa aktivitas yang bisa dilakukan tanpa tatap muka secara fisik. Beberapa bank juga sudah membuka layanan pengaduan virtual hingga layanan buka akun atau ganti kartu cukup melalui aplikasi saja.

Begitupun dengan BPJS Kesehatan yang juga makin berinovasi dengan berbagai layanan barunya. Salah satunya adalah layanan tanpa tatap muka yang meliputi:

1. Aplikasi Mobile JKN

2. Aplikasi Lapor!

3. PANDAWA (Panduan Administrasi Menggunakan WhatsApp) - 08118165165

4. Chabot Interaktif (CHIKA) - 08118750400

5. Website (www.bpjs-kesehatan.go.id)

6. Care Center 165

7. Media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Youtube, WhatsApp, Telegram)

Apa itu PANDAWA?

Layanan PANDAWA atau Panduan Administrasi Menggunakan WhatsApp adalah layanan dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta dalam mengakses BPJS Kesehatan melalui chat WhatsApp di nomor 08118165165.

Layanan PANDAWA meliputi:

1. Pendaftaran baru

2. Penambahan anggota keluarga

3. Pindah jenis kepesertaan dari Pekerja Penerima Upah (PPU) non aktif menjadi PBPU

4. Pengaktifan kembali kartu

5. Perubahan/perbaikan data

6. Perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

7. Pengurangan anggota keluarga

8. Perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama

Layanan CHIKA

Apa itu CHIKA dan VIKA?

CHIKA atau Chat Assistant JKN adalah pelayanan informasi melalui chatting yang dilayani oleh robot atau tokoh virtual. Layanan ini bisa diakses melalui WhatsApp (08118750400), Facebook Messenger dan Telegram (@Chika_BPJSKesehatan_bot).

Layanan CHIKA antara lain:

1. Cek status peserta

2. Cek status tagihan iuran

3. Skrining kesehatan

4. Tutorial Aplikasi Mobile JKN

5. Panduan layanan

6. Layanan PANDAWA

7. Cari Lokasi (Lokasi Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Kantor BPJS Kesehatan)

Sementara VIKA atau Voice Interactive JKN adalah layanan BPJS Kesehatan dengan menghubungi Care Center 165.

Layanan VIKA antara lain:

Layanan VIKA (Voice Interactive JKN)

1. Cek status peserta

2. Cek tagihan iuran

3. Perubahan/Mutasi Data Peserta antara lain:

• Perubahan Data Faskes

• Perubahan kelas perawatan

• Perubahan data nomor HP untuk login ke Mobile JKN

• Perubahan NPWP, e-mail dan alamat domisili

4. Informasi dan penyampaian pengaduan langsung terkait program jaminan kesehatan

5. Layanan informasi bagi Badan Usaha

6. Informasi dan Pengaduan Langsung melalui Media Sosial

Nah itu dia beberapa layanan tanpa tatap muka dari BPJS Kesehatan. Semoga makin memudahkan kita dalam mengakses setiap layanan dan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image