Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Mengenal Pijat Refleksi dan Juga Manfaatnya

Info Terkini | Tuesday, 19 Apr 2022, 12:10 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Stephanie-Allen

Pijat refleksi atau refleksologi adalah jenis pijat yang dicirikan dengan pemberian tekanan atau pemijatan pada titik-titik di area kaki, tangan, atau telinga.

Menurut berbagai sumber, teori di balik pijat refleksi adalah bahwa area kaki memiliki banyak titik saraf yang berhubungan dengan organ dan sistem tubuh.

Nah, karena itu, tekanan terukur yang diberikan pada kaki diyakini dapat membawa efek relaksasi, penyembuhan, serta berbagai manfaat kesehatan ke organ tubuh lain.

Orang yang mempraktikkan teknik refleksologi disebut ahli refleksologi.

Bagaimana Cara Kerja Pijat Refleksi?

Setidaknya ada dua teori umum mengenai cara kerja pijat refleksi. Mari kita lihat satu per satu.

Pengobatan Tradisional Tiongkok

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, pijat refleksi bersandar pada kepercayaan Tiongkok kuno akan aliran chi atau "energi hidup."

Menurut kepercayaan ini, chi mengalir di dalam diri setiap orang. Ketika seseorang merasa stres, tubuh mereka memblokir aliran chi.

Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan chi di dalam tubuh, yang kemudian berujung pada timbulnya berbagai penyakit.

Pijat refleksi dapat menyeimbangkan serta menjaga aliran chi di tubuh. Dengan demikian tubuh dapat tetap sehat dan bugar.

Bagian tubuh yang berbeda memiliki titik tekanan yang berbeda. Ahli pijat refleksi menggunakan peta titik-titik ini di kaki, tangan, dan telinga untuk menentukan titik yang harus dipijat.

Ahli refleksologi juga percaya bahwa sentuhan mereka dapat mengirimkan energi dari tubuhnya, yang menjangkau area yang membutuhkan penyembuhan.

Teori Lainnya

Pada tahun 1890-an, ilmuwan dari Inggris menemukan bahwa saraf menghubungkan kulit dan organ dalam. Seluruh susunan sistem saraf tubuh juga cenderung memiliki respon tertentu terhadap faktor luar, termasuk sentuhan.

Sentuhan refleksologis dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat, meningkatkan relaksasi, dan manfaat lainnya seperti segala bentuk pijatan.

Selain itu, ada pula yang menyatakan bahwa otak menciptakan rasa sakit sebagai pengalaman subjektif. Terkadang, otak bereaksi terhadap rasa sakit fisik.

Namun, ada juga saat-saat ketika otak menghasilkan rasa sakit sebagai respons akibat adanya tekanan emosional atau mental.

Pijat refleksi dapat mengurangi rasa sakit melalui sentuhan yang menenangkan, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan mengurangi stres.

Ada pula teori yang menyatakan bahwa tubuh manusia terdiri atas 10 zona vertikal. Tiap zona berisi bagian tubuh yang berbeda dan terhubung dengan jari tangan dan kaki tertentu.

Praktisi teori ini meyakini bahwa dengan menyentuh jari tangan dan kaki, mereka dapat mengakses tiap bagian tubuh di zona tertentu.

Apa manfaat pijat refleksi?

Potensi manfaat pijat refleksi menurut pengakuan para ahli dan praktisinya sangat banyak. Namun, baru sedikit yang telah dievaluasi dalam studi ilmiah.

Sejauh ini, ada bukti terbatas bahwa pijat refleksi dapat membantu untuk:

- memperbaiki suasana hati

- meningkatkan kebugaran tubuh

- mengurangi stres dan gejala sakit

Selain itu, banyak testimoni yang menyatakan bahwa pijat refleksi membantu:

- meningkatkan sistem kekebalan tubuh

- mengatasi masalah sinus, pilek, dan infeksi

- melawan kanker

- memulihkan nyeri punggung

- memperbaiki ketidakseimbangan hormon

- meningkatkan kesuburan

- memperbaiki pencernaan

- meredakan nyeri artritis

- mengobati masalah saraf dan mati rasa akibat obat kanker (neuropati perifer).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pijat refleksi dapat mengurangi rasa sakit dan gejala psikologis, seperti stres dan kecemasan, serta meningkatkan relaksasi dan menyembuhkan insomnia.

Amankah mencoba pijat refleksi?

Pijat refleksi umumnya sangat aman. Orang yang memiliki masalah kesehatan serius pun masih dapat diberikan pijat refleksi.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika Anda memiliki masalah kesehatan berikut:

- masalah peredaran darah di kaki

- pembekuan atau radang pembuluh darah kaki

- encok

- infeksi jamur, seperti penyakit kaki atlet

- masalah tiroid

- epilepsi

- luka terbuka di tangan atau kaki Anda

- borok kaki

Nah, selain jenis sakit di atas, jumlah trombosit yang rendah atau masalah darah lainnya juga dapat membuat Anda lebih mudah mengalami memar atau berdarah.

Yang terpenting adalah selalu berhati-hati dan pastikan Anda tidak memiliki masalah kesehatan serius jika ingin mencoba pijat refleksi. Saat ini sendiri, layanan pijat refleksi bukanlah lagi hal yang sulit ditemukan, anda dapat menemukan layanan ini di hampir semua kota melalui pencarian Google.

Anda hanya perlu menggunakan keyword yang relevan dengan wilayah penelusuran anda. Misalnya jika anda ingin mencari layanan pijat refleksi di wilayah Solo, anda dapat menelusurinya dengan keyword terkait seperti pijat panggilan solo, jasa pijat solo dan lainnya.

Sekian pembahasan tentang pijat refleksi. Semoga membantu dan salam sehat!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image