3 Arti Penting Merger Bank Syariah Indonesia

Image
RENI MARLINA
Eduaksi | Monday, 10 May 2021, 13:08 WIB
sumber: republika.co.id

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan merger nya perbankan syariah di Indonesia atau penggabungan 3 (tiga) perbankan syariah yang sudah ada yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Terobosan baru diharapkan memberikan pilihan lembaga keuangan baru bagi masyarakat untuk menggunakan produk perbankan syariah. BRI Syariah menjadi surviving entity dari penggabungan usaha ini dan kepemilikan sahamnya akan dimilik isecara proporsional oleh pemegang saham bank-bank peserta penggabungan usaha, termasuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan publik.

Peluang merger ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan konsolidasi agar kompetitif. Salah satu misi dari Bank Syariah Indonesia yaitu menjadi Top 10 bank syariah global dari sisi kapitalisasi pasar (Visi Bank Hasil Merger, Memenuhi kebutuhan pembiayaan, transaksional banking dan trade finance bagi pelaku usaha, khususnya industri halal. Sehingga menjadi akselerasi dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah dan peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah.

Potensi pertumbuhan perbankan syariah dengan adanya merger ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi umat. Adapun arti pentingnya dari penggabungan bank syariah indonesia ini pertama, sebagai jantungnya perbankan syariah sehingga dapat menjadi penguat bagi perekonomian nasional, mendorong lebih besar lagi dan dapat masuk ke pasar global sesuai visi dan misi bersama menjadikan Indonesia sebagai pusat perkembangan ekonomi syariah di dunia. Selain itu, merger bank syariah dinilai dapat lebih efisien dalam penggalangan dana, operasional, dan belanja. Melalui merger bank syariah ini diharapkan perbankan syariah terus tumbuh dan menjadi energi baru untuk ekonomi nasional dan akan menjadi bank BUMN yang sejajar dengan bank BUMN lainnya sehingga bermanfaat dari sisi kebijakan dan transformasi bank (Republika, 13 Oktober 2020).

Kedua, sebagai identitas bangsa dalam pengelolaan sistem perekonomian syariah di Indonesia. Negara yang bermayoritaskan muslima sudah seyogyanya kita dapat menjadikan bank syariah indonesia sebagai suatu kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi. Hadirnya BSI ini memberikan produk yang bersaing didukung dengan layanan prima, yaitu produk yang inovatif, jaringan yang luas, SDM yang kompeten, sistem TI yang andal, serta permodalan yang kuat serta pengawasan syariah dalam hal bertransaksi sehingga dengan ini dapat menjadikan BSI sebagai identitas baru sebagai perbankan syariah indonesia yang dapat diterima oleh masyarakat. Ketiga, sebagai penetrasi fasilitas utama dalam penyaluran dan penghimpunan dana ke masyarakat. Artinya, segmentasi pasar BSI harus lebih luas lagi khususnya segmen umkn, ritel, wholesale dll. Hal ini senada dengan salah satu prinsip ekonomi syariah yang mengedepankan prinsip keadilan dan kemaslahatan bagi umat. Di samping itu, diharapkan BSI menjadi bank syariah yang modern yang dapat menyesuaikan perkembangan zaman.

Keberhasilan merger ini tentu harus diikuti tantangan zaman, menjadi pusat perkembangan ekonomi syariah secara global bukan hal yang mudah. Maka dari itu perlunya berjamaah untuk sama-sama mendorong perkembangan perbankan syariah dalam berbagai sektor industri. #retizencompetition

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Milenial Influencer Sharia Economics

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Ilmu Masa Depan

Image

Ilmu segalanya

Image

Tugas dari Dosen Membuat Mahasiswa Stres, Ini Cara Pencegahannya!

Image

Apa sih Isyraf itu?

Image

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berkurban!

Image

Harta Sangat Menggiurkan di masa sulit saat pandemi?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image