Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suci Wulandari

Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD di Tengah Masa Pandemi

Eduaksi | Sunday, 09 May 2021, 15:15 WIB

Pandemi covid 19 yang kini semakin tidak terkontrol perkembangannya menuntut siswa dari kalangan Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah hingga Perguruan Tinggi untuk tetap belajar di Rumah. Hal ini tentu mengurangi minat belajar siswa, karena perhatian siswa akan pelajaran di sekolah akan berkurang. Pandemi juga memberikan dampak kepada orang tua siswa, banyak dari mereka yang kesulitan untuk mengajari anak-anak mereka sendiri di rumah.

Hal inilah yang mendorong penulis melakukan bimbingan belajar dengan metode yang kreatif dan menyenangkan agar siswa tidak suntuk saat menerima pelajaran. Kegiatan dilakukan dengan mengajak beberapa anak di RT 01 RW 03 Bayan, Kabupaten Purworejo mulai tanggal 4 April 2021 sampai 12 April 2021 dengan jarak 1 minggu untuk sekali pertemuan. Kegiatan bimbel biasanya dilakukan setiap hari Minggu pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB

Program bimbingan belajar ini disambut baik oleh para siswa maupun orang tua siswa. Hal ini ditunjukan dengan antusiasme siswa yang datang lebih awal sebelum bimbel dimulai. Program ini juga turut mendapat dukungan orang tua siswa. Ibu yati yang merupakan salah satu orang tua siswa yang mendukung program ini menyatakan Daripada anak main terus, disini sekaligus dapat mengerjakan PR dari sekolah yang saya tidak bisa bantu kerjakan ujarnya.

Ada pun materi yang diajarkan adalah materi SD terutama IPA dan Matematika yang dirasa sulit untuk orang tua mengajarkannya sendiri di rumah. Kegiatan pembelajaran menggunakan media yang menarik dan tidak membosankan agar siswa lebih paham akan apa yang diajarkan. Disini penulis menggunakan media pembelajaran ular tangga dan bingo matematika.

Kegiatan bimbel dimulai dengan membaca doa yang dipimpin oleh salah satu siswa. Kemudian dilanjutkan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan bermain ular tangga terlebih dulu, siswa akan mendapat pertanyaan jika pion mendarat di nomor yang terdapat tulisan soal, siswa yang dapat menjawab soal tersebut akan diberi cap di kertas yang sudah disediakan. Saat siswa sudah memperoleh 5 kotak soal yang saling berderet, maka siswa tersebut memperoleh juara pertama, begitu pula selanjutnya sampai semua kotak soal terjawab. Di akhir pembelajaran terdapat pembagian hadiah, siswa yang memperoleh juara pertama akan mendapat hadiah lebih banyak dari siswa yang mendapat juara dua begitu pula seterusnya. Hal ini dilakukan untuk memotivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar.

Kami berharap dengan adanya bimbel ini dapat membantu siswa memahami materi dan lebih semangat belajar dari rumah juga untuk membantu orang tua siswa untuk mengurangi beban mengajari anaknya belajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image