HUMAN CAPITAL BERBASIS KOMPETENSI SERTA PROFESIONAL

Image
Athiya Shinta
Bisnis | Sunday, 17 Apr 2022, 10:32 WIB

Pengertian Human CapitalHuman capital (kapital manusia) adalah unsur yang sangat penting di dalam organisasi. manusia menggunakan segala kemampuannya Jika dikerahkan secara holistik akan menghasilkan kinerja yang luar biasa. kapital insan mencerminkan kompetensi seseorang dalam bekerja. Pengertian tersebutterlihat bahwa human capital adalah faktor penting pada organisasi, sebab bisa memberikan sumbagnan akbar bagi kemajuan serta perkembangan organisasi.Tantangan Human Capital

Seiring dengan keadaan ekonomi yang tidak menentu dan kemajuan lokal dan dunia yg semakin berkembang, terdapat perubahan yang terjadi dengan cepat yang menghipnotis Human Resource (HR) pada berbagai informasi. 10 Tantangan Terbesar Human Resource Management. berdasarkan Survei asal dunia HR Challenges meskipun terdapat perbedaan nasional dan regional, survei ini menyimpulkan terdapat 10 tantangan yang dihadapi Human Resource Management saat ini, yaitu:

1. Perubahan Manajemen

2. Pengembangan Kepemimpinan

3. Pengukuran Efektifitas HR

4. Efektifitas Organisasi

5. Kompensasi

6. tenaga kerja,Rekrutmen, dan Ketersediaan energi kerja yg terampil

7. Perencanaan tujuan perusahaan

8. Pembelajaran serta pengembangan

9. energi kerja retensi

10. Tunjangan kesehatan dan kesejahteraan

contoh Kompetensi serta Pendekatan Terpadu

model kompetensi terbangun sesudah berhasil melakukan identifikasi terhadap kompetensi-kompetensi yang diharapkan baik pada tingkat kompetensi buat dapat berprestasi cukup serta tingkat kompetensi buat berprestasi sangat baik. contoh kompetensi didefinisikan menjadi suatu rangkaian kompetensi yg penting bagi kinerja yang superior asal sebuah pekerjaan.

Pertama , Sistem Penerimaan dan Seleksi. Sistem rekruitmen berbasis kompetensi umumnya berfokus pada metode screening yg bisa dipergunakan buat menyeleksi sejumlah calon berasal populasi pelamar yg cukup akbar secara cepat serta efisien. Seleksi pada proses rekruitmen memerlukan tantangan yg khusus, mirip menseleksi berasal jumlah pelamar pada kurun saat yang pendek.

kedua, Penempatandan Perencanaan Suksesi. Penempatan berbasis kompetensi dan sistem perencanaan suksesi serius kepada perjuangan mengidentifikasi para calon terbaik untuk pekerjaan yang bernilai tambah dan sangat krusial bagi perusahaan. oleh sebab itu sistem seleksi dan penempatan seharusnya menekankan pada usaha pengidentifikasian yang hati-hati mengenai kompetensi krusial yg dibutuhkan sang pekerjaan itu sendiri.

Ketiga Pengembangan Karier. Tuntutan kompetensi untuk pengembangan serta jalur karier akan memilih dasar untuk menyebarkan pegawai. Pegawai yg dinilai lemah pada aspek kompetensi tertentu dapat diarahkan buat aktivitas pengembangan kompetensi tertentu, sehingga diharapkan dapat memperbaiki kinerjanya. Beberapa pilihan pengembangan kompetensi termasuk pengalaman “assessment centers’’ , lembagalembaga pelatihan, anugerah tugastugas pengembangan

Keempat, Membayar buat Kompetensi serta Manajemen Kinerja. Sistem kompensasi yg didasarkan di keahlian secara eksplisit mengkaitkan reward terhadap pengembangan keahlian. Cara ini sangat sempurna buat dilakukan bila karyawan tidak mempunyai control terhadap hasil-yang akan terjadi kinerjanya. Efektivitas penilaian kinerja tergantung pada ketepatan penggunaan masing-masing bentuk data yang ditentukan menjadi target suatu sistem serta taraf pengawasan atas kinerja karyawan buat masing-masing variable yang dinilai. Data akibat kinerja umumnya dipergunakan buat keputusan pemberian reward. Jika karyawan memiliki supervisi yang bersifat individual atas hasil suatu pekerjaan (contohnya, pada kerja tim), maka reward hanya akan berdasarkan atas akibat tersebut. hasil pekerjaan tadi tentunya bisa mengakibatkan demotivasi bagi individu yg berkinerja tinggi.

4. baku Kompetensi serta Manfaat Kompetensi

baku kompetensi ialah rumusan wacana kemampuan serta kinerja minimal yang wajib dicapai di satu kompetensi eksklusif, yg di antaranya meliputi :

a. Apa yang dibutuhkan bisa dikerjakan oleh seseorang

b. Seberapa jauh kinerja yg diharapkan tadi dapat dicapai oleh seorang

c. Bagaimana mengukur/membuktikan bahwa seseorang sudah mencapai kinerja yang dibutuhkan.

Manfaat Kompetensi

Kompetensi yg dimiliki oleh setiap orang memiliki peranan yang penting terhadap efektivitas aplikasi banyak sekali tugas pekerjaan. Ruky mengungkapkan bahwa telah banyak perusahaan akbar yang memanfaatkan kompetensi menjadi suatu dasar kriteria pada merekrut energi kerja.

• Menurutnya, terdapat beberapa manfaat merekrut kerja menggunakan sesuai kompetensi,yaitu:

• Memperjelas suatu standar kerja serta jua virtual yg ingin diraih sang perusahaan.

• buat menyeleksi tenaga kerja yg potensial.

• Memaksimalkan produktivitas perusahaan.

• membuatkan sistem remunerasi.

• buat membantu adaptasi perusahaan atas perubahan yg terjadi.

• Menyeimbangkan perilaku kerja dengan kaidah yang terdapat di dalam perusahaan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Narkotika Borong 2 Perak Di Kejuaraan Menembak

Image

Mengetahui Harga Jasa Penulis Artikel untuk Membantu Blog atau Laman Web Kamu

Image

Pakai YTMP3 CC Download Lagu dari YouTube ke Play Musik Converter

Image

Download Video YouTube Jadi MP3 di HP dengan Link Y2Mate Berikut

Image

Kantor Imigrasi Wonosobo Ikuti Fun Game Basketball

Image

iGram : Download Semua Foto dan Video di Instagram Story, Sorotan, Hingga Reels

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image