Kekaisaran Sunda Nusantara Bikin Penasaran?

Image
Koiyudh
Info Terkini | Friday, 07 May 2021, 04:55 WIB

Setahun setelah Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire bikin ramai, kini muncul kelompok baru beratribut imperial jadi sorotan. Namanya Kekaisaran Sunda Nusantara. Uniknya, kekaisaran yang baru terdengar publik ini mencuat dari kasus tilang kendaraan di jalan Tol Cawang menuju arah Semanggi, Rabu (5/5).

Petugas patroli jalan raya Polda Metro Jaya awalnya mendapati sebuah mobil Pajero mencolok menggunakan pelat berwarna biru dengan nomor aneh SN 45 RSD. Petugas, sesuai protokol, kemudian memberhentikan pengemudi dan meminta surat-surat kendaraannya. Sang sopir memberikan. Namun, apa yang didapat petugas bikin dahi berkerenyit. STNK dan SIM yang dimiliki pengemudi kok bukan terbitan Polri.

Di situ misalnya tercantum STNK diterbitkan Menteri Senior Ekonomi dan Keuangan Ahmad Fauzi. Fauzi dalam dokumen tersebut tercatat sebagai Jenderal Pertama TKSN/ Imperial Army of Sunda Arhipelago. Nama dan jabatan itu tentu asing di telinga.

Polisi kemudian menggeledah pengemudi bernama Rusdi Karepesina dan penumpangnya Rudy Dhanian Toro. Dari keduanya ditemukan berbagai kartu identitas lain. Kartu-kartu itu ternyata sama-sama dikeluarkan atas nama Kekaisaran Sunda Nusantara. Karena tanpa surat resmi, kendaraan digelandang ke Polda Metro Jaya dan pelaku ditilang.

Penilangan ini pun akhirnya tersiar di media. Bisa ditebak efeknya. Meski bukan kali pertama muncul hal semacam ini, Kekaisaran Sunda Nusantara ya sontak menarik perhatian banyak orang. Menurutku bukan gara-gara peristiwa tilangnya, melainkan karena keganjilan atau keunikannya.

Keunikan atau ketidakbiasaan memang cenderung punya nilai berita. Nilai berita adalah parameter layak atau tidaknya suatu peristiwa dilaporkan oleh media massa. Kenapa keunikan (unusual) salah satu jadi patokan? Sebab, manusia secara alamiah, sejak zaman dahulu, cenderung tertarik dengan hal tidak biasa.

Apa faedah dari kabar ini memang perlu digali lagi. Karena pada akhirnya, layak tidaknya berita soal Kekaisaran Sunda Nusantara, Keraton Agung Sejagat, maupun Sunda Empire kembali ke penilaian penonton atau pembaca. Anda merasa dapat manfaat dari informasinya? Atau hanya penasaran saja?

*Referensi: Republika.co.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan-jangan aku memang Ambivert?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Ketua Terpilih, Minta Warga GJM Sampaikan Keluh Kesah

Image

BTS Meal dan Tantangan Keluarga Muslim untuk Masa Depan

Image

Film Imperfect, Ketika Kita Tidak Perlu Sempurna

Image

Mengenal Surat Roya dan Fungsinya!

Image

Perkembangan Pembiayaan Yang Disalurkan (PYD) Perbankan Syariah

Image

Pembahasan Sosialisasi Olah Raga Floorball di Provinsi Bali

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image