Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Era Prima Febrian

Tabungan Rencana Syariah Solusi Keuangan Keluarga Muda

Gaya Hidup | Wednesday, 05 May 2021, 10:55 WIB

Peresmian Bank Syariah Indonesia (BSI) Senin 1 Februari 2021 lalu benar-benar menjadi trending topic di semua media cetak maupun online. Ya, sebagaimana yang disampaikan Bapak Jokowi Presiden RI dalam pidato pengesahan, penyatuan 3 Bank Syariah dengan aset terbesar di Indonesia ini diharapkan menjadi tonggak sejarah kebangkitan Ekonomi Syariah di Indonesia yang selama ini bagaikan raksasa tidur. Bagaimana tidak, negara Indonesia dengan penduduk mayoritas Muslim justru begitu sulit mengembangkan portofolio perbankan Syariah yang selama ini tak juga beranjak dari angka 6% saja.

Tak ingin ketinggalan moment, di hari pertama itu pula saya mencoba mencari tahu dan membuka rekening BSI. Sesuai petunjuk, pembukaan rekening bisa dilakukan online melalui aplikasi BSI Mobile. Data diri berupa KTP, NPWP dan tandatangan di atas kertas putih telah disiapkan. Saya ikuti alur dalam aplikasi, memilih produk yang akan dibuka, mengisi identitas diri, alamat domisili, hingga pilihan dimana saya akan mengambil buku tabungan dan ATM nanti. Verifikasi pun dilakukan melalui video call langsung dengan petugas yang juga ter-built in dalam aplikasi. Tak ada 5 menit, nomor rekening saya jadi, berikut aktivasi Mobile Banking. Bahkan penarikan tunai pun bisa langsung dilakukan di ATM tanpa kartu. Canggih!

Dari kesan pertama yang begitu menggoda itulah akhirnya saya tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut produk-produk Bank Syariah lainnya, mencari yang sesuai dengan kebutuhan saya sebagai Ibu pengelola keuangan keluarga. Barangkali sama problem Ibu-Ibu seluruh dunia, susah nabung dari sisa uang belanja bulanan! Selalu ada saja pengeluaran di luar dugaan. Harus mulai menjalankan advice dari para financial planner, SISIHKAN BUKAN SISAKAN!

Setelah berkonsultasi dengan Customer Service, saya jadi tahu ada produk yang bernama TABUNGAN RENCANA , dan ternyata hampir di semua bank pun ada. Jenis Tabungan ini akan membantu kita disiplin menabung secara terpaksa. Tabungan Rencana adalah tabungan berjangka syariah yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan. Jadi setiap bulan, Tabungan Rencana akan mendebet Tabungan Induk kita sesuai kesepakatan di awal. Pilihan yang diberikan pun beragam mulai dari 100.000 per bulan dan kelipatannya dengan jangka waktu minimal 1 tahun dan seterusnya sesuai kebutuhan kita. Keunggulannya lagi, dengan memiliki tabungan rencana ini kita juga mendapatkan perlindungan asuransi secara gratis dan otomatis. Dan yang paling penting tiap bulan selain mendapat bagi hasil, juga bebas biaya administrasi.

Wah Fiturnya luar biasa menarik. Saya langsung membuka 3 Rekening Tabungan Rencana :

1. Tujuan Menabung persiapan masuk kuliah anak sulung jangka waktu 10 tahun dengan nominal setoran bulanan 500.000 per bulan.

2. Tujuan Menabung rencana ingin renovasi rumah jangka waktu 5 tahun dengan nominal setoran bulanan 300.000 per bulan.

3. Tujuan Menabung ingin liburan sekeluarga ke pulau sebelah jangka waktu 2 tahun dengan nominal setoran bulanan 200.000 per bulan.

Semuanya saya pilih tanggal pendebetan yang sama pas setelah gajian supaya praktis dan tidak lupa. Karena apabila gagal dana tidak tersedia dana 2 kali berturut-turut Tabungan Rencana akan tertutup otomatis.

Berikut contoh ilustrasi estimasi dana yang akan diperoleh di akhir jangka waktu sebagai gambaran :

Lalu bagaimana terkait Asuransi yang include di dalamnya? Dalam Tabungan Rencana Bank Syariah Indonesia, benefit yang diberikan adalah apabila kita meninggal maka Asuransi akan membayarkan selisih dari target dana dikurangi total setoran dana yang telah kita disetorkan. Tentunya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku

Jujur sebelumnya di awal dalam hati sempat ragu, terlanjur beranggapan perbankan Syariah tak semaju perbankan konvensional. Ternyata selama ini saya salah besar. Sebagaimana kebanyakan orang, barangkali saya terlalu cepat menyimpulkan sebelum mengenal lebih dalam. Setelah saya pelajari fitur dan produk lainnya, justru ada banyak kelebihan dibandingkan produk bank konvensional. Terlebih lagi, akad-akad produk di dalamnya lebih menentramkan bagi saya sebagai seorang muslim.

Saya yakin ada banyak saya lain yang mengalami hal sama. Baru ngeh akan kehadiran Perbankan Syariah, baru ngeh tertarik untuk mencoba, dan ujung-ujungnya baru ngeh kenapa tidak dari dulu saja. Dengan layanan prima sedemikian rupa, saya yakin Perbankan Syariah Indonesia bisa mewujudkan harapan pemerintah menjadi salah satu solusi keuangan yang membawa manfaat untuk Ummat. Tentunya dengan dukungan kita semua seluruh umat Muslim di Indonesia. Nabung? di Bank Syariah aja !

#retizencompetition

(Era Prima FS)

Email : [email protected]

Instagram : eraprimafebrian

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image