Tabungan Rencana Syariah Solusi Keuangan Keluarga Muda

Image
Era Prima Febrian
Gaya Hidup | Wednesday, 05 May 2021, 10:55 WIB

Peresmian Bank Syariah Indonesia (BSI) Senin 1 Februari 2021 lalu benar-benar menjadi trending topic di semua media cetak maupun online. Ya, sebagaimana yang disampaikan Bapak Jokowi Presiden RI dalam pidato pengesahan, penyatuan 3 Bank Syariah dengan aset terbesar di Indonesia ini diharapkan menjadi tonggak sejarah kebangkitan Ekonomi Syariah di Indonesia yang selama ini bagaikan raksasa tidur. Bagaimana tidak, negara Indonesia dengan penduduk mayoritas Muslim justru begitu sulit mengembangkan portofolio perbankan Syariah yang selama ini tak juga beranjak dari angka 6% saja.

Tak ingin ketinggalan moment, di hari pertama itu pula saya mencoba mencari tahu dan membuka rekening BSI. Sesuai petunjuk, pembukaan rekening bisa dilakukan online melalui aplikasi BSI Mobile. Data diri berupa KTP, NPWP dan tandatangan di atas kertas putih telah disiapkan. Saya ikuti alur dalam aplikasi, memilih produk yang akan dibuka, mengisi identitas diri, alamat domisili, hingga pilihan dimana saya akan mengambil buku tabungan dan ATM nanti. Verifikasi pun dilakukan melalui video call langsung dengan petugas yang juga ter-built in dalam aplikasi. Tak ada 5 menit, nomor rekening saya jadi, berikut aktivasi Mobile Banking. Bahkan penarikan tunai pun bisa langsung dilakukan di ATM tanpa kartu. Canggih!

Dari kesan pertama yang begitu menggoda itulah akhirnya saya tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut produk-produk Bank Syariah lainnya, mencari yang sesuai dengan kebutuhan saya sebagai Ibu pengelola keuangan keluarga. Barangkali sama problem Ibu-Ibu seluruh dunia, susah nabung dari sisa uang belanja bulanan! Selalu ada saja pengeluaran di luar dugaan. Harus mulai menjalankan advice dari para financial planner, SISIHKAN BUKAN SISAKAN!

Setelah berkonsultasi dengan Customer Service, saya jadi tahu ada produk yang bernama TABUNGAN RENCANA , dan ternyata hampir di semua bank pun ada. Jenis Tabungan ini akan membantu kita disiplin menabung secara terpaksa. Tabungan Rencana adalah tabungan berjangka syariah yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan. Jadi setiap bulan, Tabungan Rencana akan mendebet Tabungan Induk kita sesuai kesepakatan di awal. Pilihan yang diberikan pun beragam mulai dari 100.000 per bulan dan kelipatannya dengan jangka waktu minimal 1 tahun dan seterusnya sesuai kebutuhan kita. Keunggulannya lagi, dengan memiliki tabungan rencana ini kita juga mendapatkan perlindungan asuransi secara gratis dan otomatis. Dan yang paling penting tiap bulan selain mendapat bagi hasil, juga bebas biaya administrasi.

Wah Fiturnya luar biasa menarik. Saya langsung membuka 3 Rekening Tabungan Rencana :

1. Tujuan Menabung persiapan masuk kuliah anak sulung jangka waktu 10 tahun dengan nominal setoran bulanan 500.000 per bulan.

2. Tujuan Menabung rencana ingin renovasi rumah jangka waktu 5 tahun dengan nominal setoran bulanan 300.000 per bulan.

3. Tujuan Menabung ingin liburan sekeluarga ke pulau sebelah jangka waktu 2 tahun dengan nominal setoran bulanan 200.000 per bulan.

Semuanya saya pilih tanggal pendebetan yang sama pas setelah gajian supaya praktis dan tidak lupa. Karena apabila gagal dana tidak tersedia dana 2 kali berturut-turut Tabungan Rencana akan tertutup otomatis.

Berikut contoh ilustrasi estimasi dana yang akan diperoleh di akhir jangka waktu sebagai gambaran :

Lalu bagaimana terkait Asuransi yang include di dalamnya? Dalam Tabungan Rencana Bank Syariah Indonesia, benefit yang diberikan adalah apabila kita meninggal maka Asuransi akan membayarkan selisih dari target dana dikurangi total setoran dana yang telah kita disetorkan. Tentunya dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai ketentuan yang berlaku

Jujur sebelumnya di awal dalam hati sempat ragu, terlanjur beranggapan perbankan Syariah tak semaju perbankan konvensional. Ternyata selama ini saya salah besar. Sebagaimana kebanyakan orang, barangkali saya terlalu cepat menyimpulkan sebelum mengenal lebih dalam. Setelah saya pelajari fitur dan produk lainnya, justru ada banyak kelebihan dibandingkan produk bank konvensional. Terlebih lagi, akad-akad produk di dalamnya lebih menentramkan bagi saya sebagai seorang muslim.

Saya yakin ada banyak saya lain yang mengalami hal sama. Baru ngeh akan kehadiran Perbankan Syariah, baru ngeh tertarik untuk mencoba, dan ujung-ujungnya baru ngeh kenapa tidak dari dulu saja. Dengan layanan prima sedemikian rupa, saya yakin Perbankan Syariah Indonesia bisa mewujudkan harapan pemerintah menjadi salah satu solusi keuangan yang membawa manfaat untuk Ummat. Tentunya dengan dukungan kita semua seluruh umat Muslim di Indonesia. Nabung? di Bank Syariah aja !

#retizencompetition

(Era Prima FS)

Email : eraprimafebrian@gmail.com

Instagram : eraprimafebrian

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Langkah Mempercepat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Image

Covid-19: Antara Pemilu, Nikah, Mudik 2021

Image

[Breaking News] Ustadz Tengku Zulkarnain Wafat

Image

Salman Aristo: Apa yang Kau Cari, Produser?

Image

Antusiasme Warga Sumedang Sambut Lebaran 2021 di Tengah Pandemi Covid-19

Image

Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Mari Raih Kemenangan Hakiki

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image