Masjid Dian Al-Mahri, Lima Kubahnya Berlapis Emas

Image
Yudha Manggala P Putra
Wisata | Saturday, 01 May 2021, 04:07 WIB
Sumber: Wikipedia/Marwan Mohamad

Masjid Dian Al-Mahri disebut salah satu masjid termegah di Asia Tenggara. Ia sekarang lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas. Itu karena lima kubah pada bangunannya dilapisi emas 24 karat.

Masjid Dian Al-Mahri terletak di Jalan Raya Maruyung, Cinere, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Ia dibangun suami istri Maimun Al-Rasyid dan Dian Al-Mahri. Nama Dian Al-Mahri sengaja diberikan Al-Rasyid untuk membahagiakan istrinya.

Masjid ini sebenarnya dibangun sejak Maret 1999. Namun baru diresmikan pada 31 Desember 2006. Pembangunan masjid memakan waktu sekitar tujuh tahun karena sebagian besar bahannya didatangkan dari luar negeri. Di antaranya granit, marmer, mozaik emas, dan lampu gantung di dalam masjid. Almarhumah Dian Al-Mahri memilih langsung bahan-bahan tersebut.

Sumber: Republika.co.id

Masjid yang mulai digunakan rutin oleh jamaah pada awal 2007 hingga sekarang ini memiliki kubah utama berdiameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter dan tinggi 125 meter. Ia memiliki enam menara yang juga dilapisi emas.

Kubah masjid sengaja dibuat berjumlah lima untuk melambangkan rukun Islam. Sementara jumlah menara yang enam melambangkan rukun Iman.

Masjid Dian Al-Mahri memiliki luas 40x60 meter pada bagian dalam masjid. Sedangkan di selasar masjid 60x60 meter, sehingga luas keseluruhan masjid sekitar 6.000 meter persegi.

Sumber: Republika.co.id

Karena keunikan, keindahan, dan kemegahannya, masjid Dian Al-Mahri tidak hanya dikenal di nusantara. Namun sampai mancanegara. Masjid yang juga menjadi ikon Kota Depok ini pun menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi baik warga dari berbagai penjuru Tanah Air dan warga negara asing.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Bahagia, 50 Anak Yatim Terima Santunan di Akhir Ramadhan

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image