Whatsapp, Media Alternatif Pembelajaran Saat Pandemi Corona

Image
Risma Mellynda Puspitaningtyas
Info Terkini | Thursday, 29 Apr 2021, 22:43 WIB

Oleh : Risma Mellynda Puspitaningtyas, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pandemi covid-19 membawa banyak dampak pada berbagai sektor, baik sektor perekonomian, budaya,sosial, sampai dengan sektor pendidikan.Indonesia termasuk dalam negara yang terkena wabah virus corona yang sampaisaat ini masih berkembang mengenai jumlah korban yang terjangkit covid-19.

Pendidikan di indonesia dipengaruhi oleh covid-19, namun sistem pembelajaran harus tetapdilaksanakan. Pemerintah menghimbau seluruh rakyat indonesia untuk tinggal di rumah,mulai dari bekerja dirumah, belajar dirumah, dan beribadah dirumah.

Selama pandemi ini, indonesia masih menerapkan pendidikan dengan menerapkan sistempembelajaran baru. Semua institusi pendidikan di semua tingkatan harusmerancang media pembelajaran dengan cara ini untuk memastikan kelancaran prosespembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan menggunakanbeberapa pilihan aplikasi yaitu whatsapp, google meet, google classroom. Aplikasitersebut dipilih karena dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salahsatu aplikasi yang kerap digunakan dalam proses pendidikan merupakan whatsapp. Whatsappmessenger ialah aplikasi pesan smartphone dengan memakai koneksi internet (3G, 4Gmaupun wifi).

Dalam whatsapp ada konten group chat , ialah dalam satu groupterdiri dari sebagian orang, dan sanggup dalam jumlah yang banyak. Whatsapp groupjadi konten dalam aplikasi whatsapp yang kala ini sedang terkenal, walaupunsebagian orang sudah memakainya untuk kepentingan chat dengan para sahabatmaupun keluarga besar. Namun, dikala ini whatsapp group menjadi media pendidikanyang mudah diakses oleh guru serta siswa sepanjang pendidikan di masa pandemi.

Dalam whatsapp group terjalin interaksi antara guru dengan siswa sepanjang pendidikanberlangsung. Whatsapp group digunakan oleh lembaga pendidikan dari berbagaijenjang baik SD,SMP,SMA, maupun perguruan tinggi. Pada jenjang sekolah dasar (SD)interaksi guru serta siswa terjalin pada whatsapp group. Guru umumnya cenderungmembagikan tugas kepada siswa terpaut kegiatan membaca serta menghitung, karenapada kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar mempunyai sistem pembelajaranberbasis tematik.

Pembelajarantematik terpadu sendiri merupakan pembelajaran yang menggabungkan berbagai matapelajaran dengan memiliki tema yang sama. Pembelajaran tematik diyakiniberdasarkan pada karakteristik siswa sekolah dasar yang masih memandang segalasesuatu secara utuh. Oleh karena itu, selama pembelajaran jarak jauh, guru akanberpesan kepada siswa untuk lebih menekankan pada kegiatan membaca danberhitung. Biasanya, saat masih kecil, guru akan memberi tahu orang tua siswamelalui group WhatsApp yang terdiri dari orang tua dan kepala sekolah siswatersebut.

Akibatdampak wabah covid -19, pembelajaran jarak jauh susah bagi sebagian orang. Pembelajarandilakukan melalui online, yang dapat menutupi biaya banyak. Dari sudut pandangsiswa maupun guru penggunaan media online bagi pembelajaran jarak jauh pastiakan menemui banyak kendala salah satunya whatsapp. Namun demikian, masih sulitbagi siswa untuk memahami materi tersebut, dan guru merasa kesulitan untuk mengevaluasisiswa secara objektif. Meski begitu, pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemijangan sampai menyurutkan minat siswa untuk belajar sebagai generasi penerusbangsa. Saya berharap pandemi ini segera berlalu, sehingga semua aktivitaskehidupan dapat pulih dengan baik tanpa rasa ketakutan dan kekhawatiranoleh

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Bahagia, 50 Anak Yatim Terima Santunan di Akhir Ramadhan

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image