Efektivitas Pembelajaran Daring

Image
Raihannisa Asri Rahmadhania
Info Terkini | Thursday, 29 Apr 2021, 21:14 WIB

Penulis:

Raihannisa Asri Rahmadhania

Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun dalam upaya mengembangkan kreatifitas berpikir, menambah pengetahuan, mendapatkan ilmu baru, kemampuam menguasai materi pelajaran dengan baik oleh peserta didik. Corona virus adalah virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala yang berlum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Corona virus umumnya menyerang pada pernafasan manusia dan menimbulkan gejala seperti batuk, sesak napas, dan demam. Pandemi covid-19 telah mempengaruhi sistem pendidikan dan pembelajaran di seluruh dunia baik dalam jenjang sekolah dasar, sekolah menengah, sekolah menengah keatas, dan penguruan tinggi. Penutupan sekolah di masa pandemic covid-19 sangat berdampak kepada siswa dan guru itu sendiri. Penutupan sekolah juga mempengaruhi gangguan belajar peserta didik.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online atau dalam jaringan yang berkaitan dengan teknologi internet. Pembelajaran daring dilakukan secara tidak dengan bertatap muka secara langsung atau jarak jauh namun menggunakan aplikasi pembelajaran seperti whatsapp group, zoom, google meet, modle, e-learning, youtobe, dan lain-lain. Era pembelajaran 21 yang sekaligus era pandemic covid-19 yang menuntut pembelajaram dilakukan di rumah dengan media digital agar dapat mengurangi wabah virus covid-19 dan tidak berkerumun, maka dipakailah penerapan pembelajaran daring saat ini. Pembelajaran daring yang tidak tidak lepas dari jaringan internet dan kuota internet yang memadai. Akan tetapi, hal tersebut menjadi kendala bagi peserta didik yang tidak memiliki handphone, laptop, computer sebagai prasarana dalam pembelajaran daring. Selain itu, peserta didik yang tinggal di pedesaan, pelosok yang kesulitas mendapat koneksi internet, dan kurangnya pemahaman teknologi pada orang tua ataupun guru.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran daring yaitu dengan membuat jadwal/skema pembelajaran yang terstruktur dan sistematis dengan baik oleh pihak sekolah, kerjasama yang baik antara guru, siswa dan orang tua siswa agar pembelajaran daring lebih efektif. Guru dikatakan berhasil dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam pandemic covid-19 yaitu guru dapat merancang materi pembelajaran, metode pembelajaran, memilih model pembelajaran yang sesuai, memilih alat peraga atau media pembelajaran yang kreatif dan menarik sehingga peserta didik tidak jenuh saat kegiatan pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran dikatakan efektiv dikarenakan pembelajaran tersebut dapat melatih peserta didik untuk mandiri dalam belajar, menimbulkan rasa tanggung jawab pada diri peserta didik. Pembelajaran daring juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu dan tempat sehingga efektif untuk saat ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Ngabuburit Ramadhan: Lifestyle Mahasiswa di Mesir

Image

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksan, Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Cirebon

Image

Penyekatan di Tol Pasteur Menjelang Lebaran

Image

Tempe Mendoan, Menu Takjil Kesukaan Masyarakat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image