Kehidupan Para Sahabat Rosul

Image
Mur Murtafaqoh
Agama | Monday, 26 Apr 2021, 22:48 WIB

Ketika Rosulullah hidup pada zaman yang sesuai dengan ajaran yang diberikan oleh Alloh SWT, maka tidak mungkin seorang penerusnya tidak menceritakan bagaimana kehidupan pada zamannya. Lalu dibuatlah sebuah buku yang menceritakan kehidupan para sahabat rosul yaitu kitab Rijal Haul Ar-Rasul yang berhasil diterjemahkan oleh Khalid Muhammad Khalid dengan judul Biografi 60 Sahabat Rosul yang diterbitkan oleh Qisthi Press pada tahun 2015.

Khalid Muhammad Khalid ini lahir pada Selasa, 27 Ramadhan 1339 H/15 Juni 1920 M di Desa Udah, Provinsi Syarqiyah, Mesir. Beliau adalah putra dai kondang Mesir, Muhammad Khalid Tsabit. Beliau menghabiskan masa kecil dengan belajar membaca, menulis, dan menghafal Al-Quran.

Pada saat itu ayahnya menitipkan kepada Syekh Husain untuk menghafal Al-Quran secara sempurna, yang ia selesaikan dalam waktu relatif singkat sekitar 5 bulan. Setelah selesai dari kelas hafalan Al-Quran, ia melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar selama sekitar 16 tahun. Lalu lulus dan meraih gelar Syahadah aliyyah (sarjana) dari Fakultas Syariah pada 1364 H (1945 M).

Selepas ia kuliah dari Al-Azhar, ia bekerja sebagai pengajar selama sekitar 9 tahun hingga tahun 1954 M. kemudian ditunjuk sebagai konsultan penerbitan oleh Kementrian Kebudayaan Mesir. Ia pun mengajukan pensiun atas keinginan sendiri pada tahun 1976 M. berbagai tawaran untuk menjadi pejabat negara pernah mengalir kepadanya, baik pada era presiden Jmal Abdunnashir maupun Anwar As-Sadat, namun ditolaknya semua.

Lalu beliau pun mengembangkan karya-karyanya dalam bentuk tulisan, salah satunya ini adalah karyanya Khalid Muhammad Khalid yang disampaikan dalam berbentuk tulisan arab dengan pinggirnya sebuah terjemahan. Khalid berinisiatif membuat sebuah buku yang berbahasa Indonesia agar pembaca dapat mudah dalam mengetahui kisah-kisah rosul. Yaitu sebuah buku yang berawal dari beberapa bab yang dibuat oleh orang lain tetapi Khalid Muhammad Khalid ini membuat menjadi 1 (satu) Jilid yang berisi 60 kisah-kisah Rosul kecuali 4 Sahabat Nabi yang paling agung. Kisah-kisah beliau ditulis dengan terpisah karena orang-orang yang paling terdekat dengan nabi sehingga mengkhususkan kisah beliau-beliau.

Ditulis juga mengenai kisah-kisah kehidupan rasulullah pada zaman tersebut, lalu menceritakkan bagaimana mulianya para sahabat nabi yang selalu ikhlas dalam mengemban risalah-risalah Islam ketika masa awal mulanya kehidupan Islam di Kota Mekkah.

Mengutip dari Buku 60 Sahabat Rosul, para sahabat rosul ini merupakan para pionir sekaligus tamsil bagi keteladanan hidup dalam memperjuangkan suatu keyakinan akan hakekat kebenaran. Suatu kebenaran yang diperjuangkan dengan segala pengorbanan hingga mampu mengubah roda sejarah peradaban manusia dari gelapnya alam jahiliyah menuju terang benderangnya cahaya keimanan. Namun pembahasan dalam buku ini tidak meliputi tentang biografi Khulafa Ar-rasyidin yang terdiri atas empat orang sahabat agung (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali).

Pasalnya, penulis telah membuat pembahasannya secara khusus dalam bukunya yang berjudul Khulafa Ar-Rasul. Walaupun demikian,hal itu tidaklah mengurangi keistimewaan buku ini hingga sangat layak dan patut berada di tangan kaum muslimin untuk dijadikan sebagai rujukan utama soal perikehidupan manusia-manusia pilihan yang dididik langsung oleh sang maha guru Al-Musthafa, Rasulullah, Muhammad Saw.

Buku ini juga ditulis dengan gaya sastra yang halus sehingga para pembaca sangat tertarik pada buku ini dan juga tidak membosankan saat dihayati kisah-kisahnya. Buku ini juga menggunakan bahasa yang piawai dalam pemilihan kalimat sehingga mampu mengaduk-aduk perasaan seorang pembaca dan menjadikan seolah hidup bersama para tokoh yang agung tersebut.

Dibalik bahasanya yang halus dan susunan katanya istimewa, buku ini juga menggunaka nungkapan yang sangat jelas dan style yang mempesona menari para pembaca. Para pembaca ini tidak akan merasa kesulitan dengan kata-katanya, dengan seberapa pun tingkat kepandaian atau wawasannya pembaca pun akan bisa memahami tulisan tersebut.

Pemaparan buku ini memang sangat dibatasi pada peristiwa-peristiwa pentingnya pada kehidupan rosul sehingga penulis membuat kisah ini hanya satu jilid saja. Sehingga tulisan ini ditulis hanya kisah-kisah yang menonol saja. Buku ini mampu menutupi kekurangan dalam kisah para sahabat yang selama ini tidak ditemukan dalam buku-buku Islam lainnya.

Khalid Muhammad Khalid dalam buku ini menceritakan tentang kisah hidup Rasulullah secara runut dari sebelum kelahiran hingga sepeninggalan beliau. Dituliskan dengan rinci, komprehensif dan gaya kepenulisan yang ringan, namun tidak bertele-tele membuat kisah semakin menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Dengan menyabet juara pertama dalam mutar Islam yang pertama di Pakistan pada tahun 1396 H mengenai Sirah Nabawiyah,menjadi bukti tambahan bahwa secara kepenulisan Syaikh Safiyyurrahman Al-Mubarakfuri sangat baik tanpa menghilangkan aspek ketepatan kejadian, dan keilmiahan dalam pembahasan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kehidupan Para Sahabat Rosul

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

5 Pertanda kamu sedang mengalami quarter life crisis

Image

Orientasi Bisnis Bank Syariah

Image

Peluk Virtual, Tradisi di Masa Pandemi

Image

Memeluk Pagi

Image

Investasi Reksa Dana Butuh Kesabaran

Image

Bagaimana Komunikasi yang Mengubah ?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image