Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Lakukan 2 Hal Ini Pada Anak, Agar Giat Bersih-bersih Dan Peduli Akan Lingkungan

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 21:34 WIB
ilustrasi (sumber gambar : pixabay.com)

Tidak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia dimuka bumi ini, Tuhan menciptakan bumi dan isinya untuk kebaikan kita semua, dan manusia dipilih Allah sebagai Khalifah atau pemimpin dimuka bumi, Pengelolaan sepenuhnya diberikan kepada manusia, karena manusia berbeda dengan hewan atau tumbuhan, ia adalah makhluk yang diberikan akal oleh Tuhan, salah itu menjaga alam adalah sebuah wujud bakti kita kepada agama dan masyarakat.

kita seringkali diperlihatkan pemandangan sampah yang menumpuk atau tidak pada tempatnya, misalnya membuang sampah ke sungai, ke jalan raya, menebang pohon sembarangan dan banyak lainnya.

Memberikan pemahaman dan pendidikan kepada anak tentang kebersihan sangatlah dibutuhkan, Manusia dengan lingkungan hidup tidak dapat dipisahkan disadari atau tidak manusia harus hidup berdampingan dengan alam contohya udara dibutuhkan untuk pernafasannya, air minum untuk kebutuhan pokonya dan kebersihan sekitar untuk kenyamanan tempat tinggalnya.

Lingkungan yang bersih dan sehat juga mencerminkan keberadaan pemilik, mengajari anak agar terbiasa hidup bersih dan sehat sangatlah penting, cara ini terbukti mampu mengatasi krisis kebersihan lingkungan yang akhir-akhir ini terjadi.

berikut adalah cara agar anak terbiasa dan peduli akan kebersihan lingkungan :

1. Ajak anak ketika membersihkan lingkungan

Contoh yang paling utama bagi si anak adalah keluarga, ajaklah anak jika kalian sedang bersih-bersih, dengan diajaknya anak untuk mermbantu bersih-bersih, manfaatnya adalah ia akan mengerti mana saja yang harus dibersihkan dan pentingnya menjaga lingkungan

2. Berikan pemahaman tentang bahaya buang sampah sembarangan

Selain mengajak anak untuk ikut membersihkan rumah, berilah pemahaman kepada anak tentang bahaya sampah, misalnya berilah cerita tentang asal mula banjir yang diakibatkan oleh pembuangan sampah sembarang tempat, Pada saat ini sudah kita ketahui bersama bahwa sampah telah menjadi suatu hal yang memang dianggap kotor dan tak berguna terkadang langsung saja dibuang, apabila sampah tersebut dibuang pada sembarang tempat maka akan menimbulkan pencemaran di tempat lingkungan tersebut yang membuat rusaknya sumber air disekitarnya, menyumbat selokan dan mengakibatkan bencana banjir

Memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya sampah dan efek dari pembuangan sampah sembarangan akan sangat berguna bagi anak-anak kelak, pemahaman akan kebersihan menjadi motivasi anak dalam membersihkan rumah atau lingkungan sekitar dimana ia hidup, diatas adalah 2 cara mengajari anak agar giat bersih-bersih dan memiliki kesadaran akan sampah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image