Takut Jarum Suntik? Tunggu Vaksin Covid-19 Versi Semprot Ini

Image
Yudha Manggala P Putra
Info Terkini | Monday, 26 Apr 2021, 02:08 WIB
Sumber: ArabNews.com/AFP

Vaksinasi merupakan salah satu upaya memerangi penyebaran Covid-19. Namun, masih ada permasalahan muncul dalam pemberiannya. Salah satunya karena vaksin yang ada masih diberikan dalam bentuk injeksi atau suntikan. Itu ternyata bisa menjadi kendala, khususnya bagi masyarakat yang fobia jarum.

Nah, untuk mengatasi itu, para peneliti kabarnya sedang mengembangkan metode vaksinasi lebih simpel dan cepat. Yakni dengan membuat vaksin dalam bentuk pil dan nasal spray alias semprot hidung.

Kabar ini disampaikan FasterCures, bagian dari lembaga tink-tank nonprofit Milken Institute, yang fokus pada pelacakan pengembangan vaksin di dunia. Menurut mereka, setidaknya ada lima perusahaan pembuat vaksin yang sudah mengembangkan versi oral atau dimasukkan lewat mulut. Dua di antaranya dalam tahap uji coba klinis pertama.

Sementara untuk vaksin yang disemprotkan ke hidung, ada 13 perusahaan tengah mengembangkannya. Lima di antaranya sudah masuk tahap uji coba klinis. Kabarnya vaksin versi semprotan ini bakal tersedia mulai 2022 atau tahun depan.

Pengembangan vaksin dari metode injeksi ke lebih sederhana memang bukan sekali ini dilakukan. Pada 1953, vaksin polio misalnya, dibuat pertama kali dengan cara disuntikkan. Sembilan tahun kemudian versi oralnya dikembangkan.

Sementara untuk vaksin dengan semprot hidung telah populer digunakan untuk mengatasi flu. Kedua metode tersebut terbukti ampuh mengurangi beberapa kendala dalam metode injeksi. Yakni terkait penyimpanan vaksin dan kebutuhan tenaga ahli untuk menyuntikkannya.

*Sumber: Healthline

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pewarta. Penggemar olah-canda. Penikmat musik dan film. Peminum kopi. Penyuka mi ayam. Pemula yang masih butuh belajar banyak hal.

Tepuk Jidat

Secangkir Kopi untuk Seteru

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Misi Kemanusiaan Dirikan Rumah Baca Anak di Karawang

Image

Pagi Ini Sahur Terakhir Ramadhan 1442 H, Yuk Banyakin Berdoa & Istighfar

Image

Presiden Jokowi Dapat THR Berapa Ya?

Image

Indonesia Bisa Mengambil Hikmah di Balik Kasus Covid-19 di India

Image

Generasi Milenial Pilar Utama Gerakan Filantropi

Image

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksan, Tempat Ngabuburit Favorit di Kota Cirebon

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image