Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Rumah

Gaya Hidup | Thursday, 14 Apr 2022, 04:44 WIB

Melihat keseluruhan dari desain ekterior ataupun interior memang kerap dilakukan seseorang saat membeli rumah baru. Saat itulah, ada kemungkinan Anda akan menjumpai beberapa titik yang kurang cocok dengan selera Anda, terlebih lagi jika rumah yang dibeli masih model lama.

Otomatis, renovasi rumah dapat menjadi pilihan terbaik jika memang hati sudah tertarik dengan lokasi rumah yang dekat dengan pusat keramaian, tempat kerja atau karena harga yang ditawarkan tergolong murah.

Alasan Kenapa Renovasi Rumah menjadi Hal yang Sangat Penting

Renovasi rumah dapat menjadi hal yang sangat vital dan wajib Anda lakukan jika kerusakan terjadi pada bagian rumah yang mempunyai peranan sangat penting. Misalnya, bagian dapur yang memang harus segera diperbaiki, atap plafon ruang tamu yang sudah mulai rusak dan sebagainya.

Bagian tersebut memang sangatlah penting, dibandingkan Anda menginginkan untuk melakukan renovasi pada desain kamar tidur yang terkesan kurang mengenakkan hati.

Rencana renovasi tentu harus dipertimbangkan secara masak, termasuk menyiapkan anggaran yang dibutuhkan. Alangkah jauh lebih baik, jika Anda memanfaatkan jasa kontraktor yang tepat supaya memperoleh hasil yang sesuai dengan keingan serta dapat menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Toh, saat ini sudah banyak pihak kontraktor yang bersedia melayani renovasi dalam skala kecil, bahkan renovasi untuk perbaikan satu ruangan saja juga dapat dilakukan.

Beberapa Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Anda Melakukan Renovasi Rumah

Berikut kami berikan tips dalam merencanakan pembangunan renovasi rumah yang terstruktur supaya hasil yang didapat lebih maksimal.

Mengatur Rencana Pembangunan secara Baik

Setelah Anda memutuskan bagian mana yang akan direnovasi, langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin terkait dengan desain yang diinginkan.

Referensi tersebut bisa Anda dapatkan melalui internet ataupun komunikasi langsung dengan pihak desain interior terkait dengan ide dan apa yang menjadi keinginan Anda.

Untuk memilih desain gambar rumah ada baiknya Anda juga mengkonsultasikan dengan pihak keluarga dan mencari kesepakatan bersama. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan, terlebih lagi jika Anda ingin renovasi bagian ruang dapur atau makan yang umum digunakan bersama atau ruang keluarga.

Berbeda jika Anda ingin renovasi bagian kamar tidur anak, otomatis Anda harus menegosiasikan dengan sang buah hati dan mengajukan desain sesuai dengan yang diinginkan. Setelah semuanya disetujui, maka Anda dapat mempersiapkan rencana renovasi berikutnya.

BACA JUGA: Tips membangun rumah murah

Membuat Skala Prioritas Bagian yang Akan Direnovasi

Untuk meminimalisir anggaran yang membengkak, sebaiknya Anda prioritaskan bagian manakah yang paling memerlukan renovasi. Mengingat, pembangunan nantinya tidak membutuhkan dana yang sedikit, sehingga Anda harus menyiapkan biaya sedini dan semaksimal mungkin dari jauh-jauh hari.

Selain menyiapkan anggaran yang dibutuhkan, ada baiknya Anda juga menyiapkan dana cadangan guna mengantisipasi pengeluaran tak terduga selama proses renovasi berjalan. Setidaknya, siapkkan anggaran 10-20% dari total biaya yang akan dikeluarkan untuk renovasi.

Jangan sampai Anda mempunyai banyak utang yang justru akan mempersulit diri Anda sendiri jika mengabaikan aturan dalam skala prioritas ini.

BACA JUGA: desain arsitektur rumah kayu

Bekerja dengan Tenaga yang Profesional

Saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa mereka, sebaiknya telusuri lebih dalam track record dari penyedia jasa atau kontraktor rumah tersebut. Anda dapat membina relasi dan komunikasi secara baik dengan berbagai pihak yang turut serta dalam renovasi rumah.

Bahkan, sangat disarankan jika Anda bisa memonitoring langsung pengerjaan dari kontraktor tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memilih bahan material atau jenis furniture yang akan digunakan dalam proses renovasi.

Mempunyai koneksi yang luas dan profesional dengan para suplier material tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Setidaknya, Anda bisa mempunyai kontak person yang bisa Anda hubungi sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menangani langsung pembelian material bangunan yang akan digunakan untuk proyek renovasi.

Sebenarnya, saat Anda mempunyai kontraktor renovasi rumah yang terpercaya, maka hasil yang maksimal dan memuaskan juga dapat terlihat setelah proyek selesai.

Jasa kontraktor profesional umumnya menawarkan garansi apabila terjadi kerusakan atau ada hal yang kurang memuaskan dan sepenuhnya terjadi lantaran kesalahan pihak mereka.

Anda tentu tidak dapat menguji apakah talang atau plafon bocor sebelum musim hujan tiba, bukan?

BACA JUGA: Tips memilih tema interior rumah

Buat Jadwal Renovasi dengan Baik

Renovasi rumah tentu akan memerlukan waktu dan biaya berlipat ganda jika dikerjakan pada hari libur besar atau musim penghujan. Oleh karena itu, pemilihan waktu yang tepat sangatlah penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda melakukan proyek pembangunan.

Pastikan, Anda juga memberikan rentang waktu yang disepakati dengan pihak pemborong saat hendak melakukan renovasi misalnya enam bulan atau tiga bulan.

Setidaknya, jika Anda akan melakukan renovasi rumah secara menyeluruh, otomatis Anda harus keluar rumah untuk sementara waktu. Andapun dapat memilih tempat tinggal dengan menyewa apartemen, kost ataupun kontrakan yang sesuai dengan budget yang ada.

Dengan membuat jadwal yang baik maka dapat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran tambahan selama proyek pembangunan rumah selesai hingga tepat waktu.

Beberapa hal penting diatas wajib Anda perhatikan, jika dalam waktu dekat ini Anda akan melakukan renovasi rumah. Rencana pembangunan yang matang tentu dapat membuat Anda mengatur anggaran dan waktu selama proses renovasi berlangsung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image