Turunkan Berat Badan dengan Berpuasa

Gaya Hidup  
Dok. Pixabay

BANDUNG -- Bulan Ramadhan seperti ini merupakan kesempatan besar bagi umat muslim untuk mendapatkan kebaikan. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Teori kasarnya, berkurangnya asupan makanan yang dikonsumsi dengan kegiatan yang dijalani hampir sama seperti hari-hari biasa membuat berat badan berkurang. Namun pada kenyataannya, hal yang biasa terjadi malah sebaliknya. Tubuh mengalami pertambahan bobot tidak sesuai dengan harapan di awal puasa.

Dilansir dari laman Oman Daily, pelatih fitness and strength sekaligus founder dari Green Apple Health Newsletter, Imad Al Salti, mengatakan orang perlu olahraga ringan jika ingin mengurangi berat badan saat berpuasa. Berikut kiat-kiat untuk menurunkan berat badan saat bulan puasa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Yang harus dilakukan

Al Salti menyarankan untuk konsultasi dengan dokter jika memiliki riwayat penyakit kronis. Jika tidak ada masalah pada tubuh, lakukan senam ringan satu jam sebelum jam buka puasa. Tidak perlu jogging atapun angkat beban, cukup jalan 30 menit. Olahraga hanya dengan menggunakan bobot tubuh.

2. Yang tidak disarankan

Tidak disarankan untuk memakan segala yang diinginkan ketika berbuka puasa. Seringkali kita lapar mata karena seharian sudah puasa, ketika waktunya buka puasa segala makanan yang ada di depan mata dimakan demi kepuasan diri.

Al Salti menekankan untuk selalu ingat tujuan dan hikmah dari puasa. Bahwa Bulan Ramadhan menjadi kebiasaan baru untuk mengurangi makanan manis mengandung gula dan makanan yang digoreng. Kurangi nasi dan roti sampai akhir bulan puasa. Itu sudah mengurangi sebesar 50% dari asupan hari-hari biasa.

Al Salti juga menyarankan untuk tidak makan berlebih, karena tubuh akan terbiasa dengan kuantitas asupan yang lebih sedikit. Keseimbangan protein, buah-buahan, dan sayuran juga harus diperhatikan. Makan berlebih dapat mengurangi manfaat berpuasa.

3. Saran sahur

Menurut Al Salti jika terlalu banyak konsumsi karbohidrat, tubuh akan lebih cepat lapar. Lebih baik jika protein ditambah, konsumsi banyak air, hindari gula, dan makanan manis lainnya.

Menurutnya, penting untuk selalu ingat tujuan dari puasa. Ingat bahwa di bulan penuh berkah ini banyak-banyak berbuat kebaikan melalui doa, saling memaafkan, dan sedekah. Idul fitri merupakan hadiah dari Allah untuk muslim yang berpuasa.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image