Pengertian Ibadah, Definisi, Fungsi dan Jenisnya

Image
Vicky Maulana
Olahraga | Wednesday, 13 Apr 2022, 20:20 WIB

Pengertian ibadah menurut istilah adalah bahwa manusia diciptakan tidak hanya didunia tanpa akhir setelah penciptaannya. Manusia dikenal sebagai ciptaan Tuhan, Inilah fungsi ibadah dan hakikatnya.

Baca Juga : Perbedaan Sistem Pendidikan di Indonesia dengan Luar Negeri

Definisi dari Ibadah

Ibadah secara umum yaitu segala sesuatu yang dilakukan manusia atas dasar patuh kepada penciptanya dan mendekatkan diri kepadanya. Ibadah menurut bahasa yang diambil dari kata ta’abbud yang artinya menundukkan dan mematuhi dan dikatakan thariqun mu’abbad yang artinya jalan yang ditundukkan yang sering dilewati orang.

Ibadah di dalam bahasa arab yaitu berasal dari kata Abda yang berarti menghamba, jadi meyakini kalau dirinya hanya seorang hamba tuhan yang tidak mempunyai keberdayaan sehingga ibadah adalah bentuk taat kepada Tuhan.

Sementara itu secara terminologis, Hasbi-Al Shiddieqy dalam kuliah ibadahnya memaparkan:

1. Menurut Ulama Akhlak, Ibadah yaitu “pengamalan segala kepatuhan kepada Allah secara badaniah, dengan mengegakkan syariah-nya.”

2. Menurut Ulama Tauhid ibadah adalah “pengesaan Allah dan pengagungan-Nya dengan segala kepatuhan dan kerendahan diri kepada-Nya.”

3. Menurut ulama Fikih ibadah adalah “Segala kepatuhan yang dilakukan untuk mencapai rida Allah, dengan mengharapkan pahala-Nya di akhirat.”

4. Menurut ulama Tasawuf ibadah adalah “Perbuatan mukalaf yang berlawanan dengan hawa nafsunya untuk mengagungkan Tuhan-Nya.”

5. Menurut Jumhur ulama ibadah adalah “nama yang mencakup segala sesuatu yang disukai Allah dan yang diridlai-Nya, baik berupa perkataan maupun perbuatan, baik terang-terangan maupun diam-diam.”

Fungsi dari Ibadah

Beberapa fungsi dari ibadah antara lain yaitu:

1. Sebagai salah satu cara meningkatkan kualitas komunikasi kepada sang pencipta

2. Sebagai bentuk realisasi untuk manusia yang diberikan tanggung jawab oleh allah menjadi khalifah dan juga hamba Allah.

3. Meningkatkan derajat kita dimata Allah

Jenis-Jenis Ibadah

Menurut Siti Musdiah dan Ahmad Thib Raya didalam bukunya yang membahas selak beluk ibadah dalam islam, secara garis besar ibadah terbagi menadi dua macam yaitu:

1. Ibadah ammah (umum) yaitu semua perbuatan yang mendatangkan kebaikan dan positif yang dilaksanakan dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Seperti makan, Minum dan mencari nafkah.

2. Ibadah Khassah (Khusus) yaitu ibadah yang ketentuannya sudah ditetapkan oleh Allah yaitu seperti shalat, puasa, zakat dan sebagainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image