Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Qomairoh Dez

Pembelajaran Teori Bruner Menggunakan Media Pembelajaran IPA

Eduaksi | Monday, 19 Apr 2021, 07:47 WIB

Nama :Qomairoh Dinda Eva Z

Prodi :PGSD UMPWR

Pembelajaran dengan teori bruner menggunakan media pembelajaran IPA

Teori pembelajaran kognitif yang dikembangkan oleh Jerome SBrunermengatakan bahwateoribelajar yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.dalam teori bruner ini membahas terntang suatu proses belajar manusia yang memiliki sifat aktif .Dimana teori ini menuntut manusia untuk dapat mengekploitas,dan dapat menemukan sesuatu yang baru yangg berasal dari informasi informmasi yg telah di terima atau didapat. Dalam teori inibisa dikatakan pemberi kebebasan atau peluang bagi siswa sisiwi untuk dengan bebas mencari informasi sendiri bukan hanya diberikan oleh guru ataupun pengajar saja .Justru jika siswa siswi mencari informasi sendiri pembelajaran akan semakin baik karena mereka akan lebih mudah dalam memahami informasi yang didapatkanya.

Dalam pembelajaran IPA biasanya penerapanteori ini yaitu dimana disaat siswa disurung mengamati sesuatu yangg berada di lingkungan sekitar kita ,lalu siswa tersebut memberikan pendapat dari pengamatan yang g sudah dia lakukan.

Pada teori inj ditekankan 3 tahap perkembangam mental :

Tahap efektif

Dimana disini anak harus berperan sendiri dalam proses pembelajaran.

Tahap ikonik

Yaitu pembelajaran dengan menggunakan mediavisual dengan menayangkan kembali pengetahuan.

Tahap Simbolik

Dimana pada tahap ini siswa dapat mempresentasikan mengemukakan pendapatnya dengan simbol simbol entah itu simbol verbal atau menggunakan lambang lambang .simbol verbal meliputihuruf , kata kata, ataupun kalimat.

Dapat disimpulkan bahwa teori Bruner dapat dikatakan dimana dalam teori ini menjelaskan jika seseorang dapat mencari mengolah dan memberikan pendapat mengenai sesuatu hal. seorang siswaakan termotifasi dengan belajar penemuan sehingga seorang siswa akan terus mencari tahu hingga ia dapat jawaban dari suatu permasalahan yg akan ia pecahkan dan mencari jalan keluar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image