Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yara 'Azzahra Naomira

Memandang Perbankan Syariah Lebih Dalam

Bisnis | Sunday, 18 Apr 2021, 14:07 WIB

Di Indonesia,bank syariah muncul sejak awal 1990-an yang di awali dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia. Di sisi lain,pertumbuhan bank-bank Islam yang pesat telah memberikan inspirasi bagibank-bank konvensional untuk meniru dan ikut menawarkan produk-produk bankIslam. Kini perbankan syariah sudah menyebar ke berbagai negara, bahkannegara-negara Barat. Beberapa bank konvensional bahkan membuka Islamic Windows dengan menawarkanproduk-produk bank Islam. Bank Syariah ini biasanya dianggap sebagai solusisebagian masyarakat muslim yang menganggap riba adalah hal terlarang, karenabank syariah ini tidak mengenal yang namanya sistem bunga-berbunga nah pastinyamereka memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan bank konvensional. Olehkarena itu, salah satu ciri bank syariah yaitu tidak adanya keuntungan yangpasti.

Perbankan Syariahdikenal dengan kata Syariah nya dantentunya pasti memiliki prinsip dong. Apasih prinsip syariah ini? Prinsipsyariah yakni aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan nasabahuntuk segala kegiatan pendanaan yang dinyatakan sesuai dengan syariat Islam. Karakteristikdari bank syariah itu sendiri yakni mengimplementasikan prinsip ekonomi Islamdengan ciri-ciri; pelarangan riba dalam bentuk apapun, tidak mengenal konsep time-value of money, dan uang sebagaialat tukar bukan komoditi yang diperdagangkan. Lalu apasih sebenarnya fungsibank syariah itu sendiri bagi masyarakat? Fungsi bank syariah yakni penghimpundana, penyalur dana, dan memberikan pelayanan jasa bank.

Di salah satu media cetak, dikatakan bahwa di masa pandemi saatini, banyak sektor yang terkena imbas tetapi tidak pada Bank Syariah Indonesia(BSI) yang justru bisa dikatakan mendapat durian runtuh. Pada 2020, BSImendapat konversi besar-besaran dengan Dana Pihak Ketiga sebesar Rp 2 triliun,ini didapatkan dari adanya kebijakan projek ekonomi Provinsi Aceh.

Menurut penelitiEkonomi Islam, Institute for Developmentof Economics and Finance (INDEF), Fauziah Rizki Yuniarti, PerbankanSyariah lebih tahan banting karena porsi yang masih sangat kecil dibanding bankkonvensional. Jadi, tidak salah kalau Bank Syariah masih bertahan dan terusberkembang di saat pandemi.

Gimana? Sudah adagambaran mengenai perbankan syariah?

Kali ini kita jugaakan membahas sedikit mengenai penerapan Syariah yang ternyata tidak hanya di terapkandi perbankan syariah saja tetapi di pasar modal Indonesia juga di terapkan. Nahkira-kira apa itu pasar modal syariah? Pasar modal syariah merupakan seluruhkegiatan di pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam,dan menjadi bagian dari industri keuangan syariah yang sudah di atur olehOtoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lahirnya pasarmodal syariah ditandai dengan terbitnya reksadana syariah pertama di tahun 1997, sedangkan kebangkitan pasar modalsyariah diawali dengan peluncuran IndeksSaham Syariah Indonesia (ISSI) sebagai indeks komposit saham syariah.

Sejak saat itupasar modal mulai membentuk sejumlah indeks saham syariah, yang terdiri dari:

1.IndeksSaham Syariah Indonesia (ISS)

2.JakartaIslamic Index (JII)

3.JakartaIslamic Index 70 (JII70)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image