Duh, Enaknya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Image
Koiyudh
Curhat | Saturday, 17 Apr 2021, 17:53 WIB

Kalian mungkin punya makanan favorit berbuka puasa selama Ramadhan. Atau tidak. Aku sih ada. Salah satu kesukaanku usai beduk digebuk saat Maghrib adalah makan gorengan. Biasanya tahu goreng dan bakwan goreng. Makin mantap tuh dimakan bareng lontong dan bumbu kacang. Hmmm...mak nyeeess....euyy...

Yap...yap..., aku tahu. Gorengan camilan kurang sehat. Makanan yang digoreng umumnya banyak menyerap lemak dari minyak. Kalorinya menjadi lebih tinggi. Ini bisa memicu risiko obesitas hingga penyakit jantung.

Tapi, jujur saja deh, sulit kayanya gitu menolak gorengan. Makanan itu seperti guilty pleasure buat manusia seperti aku yang kadang lemah iman ini. Paham sih kalau itu salah, tapi senang aja gitu melakukannya.

Kadang saya pikir, minyak yang dituding berbahaya itu, yang lengket-lengket dan licin itu, justru yang membuat gorengan enak saat hangat. Plus rasa gurih dari tahu atau bakwannya. Garing pula. Krenyes-krenyes manja gitu menggoyang lidah.

Sebenarnya ada anjuran lebih sehat untuk mengakali minyak berlemak jenuhnya. Misalnya mengganti minyak goreng dengan jenis lebih sehat. Dari minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukat.

Tapi, sejauh aku ingat, belum pernah ketemu (atau ngeh ada) gorengan varian itu atau mencoba menggorengnya sendiri. Mungkin sudah terbiasa. Atau terlalu hemat, haha...Susah juga jawabnya.

Lagipula aku jarang sih bikin camilan gorengan sendiri. Biasanya beli di vendor alias warung terdekat. Sejauh ini, belum tergerak juga sih mengimbau pedagang ganti ke minyak lebih sehat. Bingung juga gitu mau ngomongnya bagaimana....

"Abang atau Ibu tukang gorengan yang baik hati, besok pakai minyak zaitun dan minyak alpukat ya! Menurut dokter dan penelitian, itu jauh lebih sehat deh...."

Hmmmm....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jangan-jangan aku Ambivert

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image