Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sekala Semesta

Memeriahkan Bulan Ramadhan 1443 H Melalui Kegiatan Buka Bersama di SDN 3 Baamang Hilir

Info Terkini | Saturday, 09 Apr 2022, 03:45 WIB
Foto dokumentasi kegiatan buka bersama.

Pada permulaan bulan suci ramadhan yang lalu, tepat hari kedua pelaksanaan puasa, SD Negeri 3 Baamang Hilir mengadakan kegiatan buka bersama. Kegiatan buka bersama itu diadakan selama dua hari yakni tanggal 4 April-5 April 2022.

Perserta kegiatan buka bersama diikuti oleh sebagian peserta didik dan pendidik SD Negeri 3 Baamang hilir. Peseta didik diambil dari kelas 6 dan sebagian kelas 5 dengan mempertimbangkan suasana menjaga protokol kesehatan dan terlibat juga pendidik dari SD Negeri 3 Baamang Hilir yang ikut hadir untuk mensukseskan jalannya kegiatan keagamaan.

Kegiatan itu dimulai pada jam 16.30 WIB dan dimulai dengan sambutan dan pembukaan dari Ibu Kepala Sekolah Ibu Sumiyati, S.Pd.SD, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang begitu besar atas terselenggarakanya acara ini dan diharapkan acara ini dapat menjadi perekat antar pendidik dan peserta didik dan menjadi salah satu syiar keagamaan yang bisa menginspirasi.

Pelaksanaan kegiatan yang diadakan pada awal pelaksanaan puasa Ramadhan agar suasana dan semangat para peserta masih tetap terasa dalam memeriahkan bulan Ramdhan seperti yang diungkapkan ibu Kepala Sekolah SD Negeri 3 Baamang Hilir yaitu Ibu Sumiyati, S.Pd.SD.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan kajian keagamaan, kemudian diisi dengan kegiatan keagamaan lainnya seperti tadarusan surah pendek yang dipimpin Bapak H. Anwar Jalil lalu zikir dan do’a, setelah itu dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah.

Salah satu panitia pelaksana kegiatan tersebut Bapak Rizky Hasmiansyah memilih tema kajian menjelang berbuka mengenai tentang puasa dan hikmahnya agar mengenal lebih dekat sejarah puasa, makna dan keutamaan puasa di bulan suci ramadhan serta hikmah puasa ramdhan pada aspek medis, kejiwaan, sosial, dan terhadap hubungan dengan Allah SWT.

Kegaitan yang dilaksanakan selama dua hari itu mengambil tempat acara di lingkungan SD Negeri 3 Baamang Hilir pada sebuah kelas yang cukup untuk menampung beberapa peserta yang hadir. Kegiatan pada hari pertama itu berjalan lancar seluruh peserta mengikuti dengan hikmat seluruh rangkaian acara buka bersama hingga selesai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image