Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandi Bagus

4 Hal Buruk Selama Bulan Puasa Yang Harus di Hindari

Gaya Hidup | Friday, 08 Apr 2022, 09:20 WIB

Tahukah kamu, ada 4 hal buruk yang tidak seharusnya kamu lakukan selama bulan puasa. Kenapa ? Selain sangat membahayakan bagi kesehatan jasmani, rohanimu akan juga terganggu. Memang seharusnya kamu menghindarinya. Apa saja itu ?

ggl.life" />
ilustrasi saat berpuasa. via ggl.life

1. Suka Menekan Klakson

Gak tau kenapa, banyak pengendara yang saya temui di jalanan surabaya sangat sering menggunakan fitur tersebut. Klakson. Tekan "klak/klik" keluar bunyi "son/sound". Sebuah fitur yang sepertinya menjadi kunci keselamatan banyak pengendara. Seperti saat lampu merah, lampu hijau, ada orang nyebrang, lagi terburu-buru, bahkan sedang berkendara santai sambil pegang rokok atau barang belanjaan.

Kamu memang bisa menggunakan klakson kapan saja, namun kalau kamu menginginkan waktu yang lebih santai dari biasanya, cobalah berangkat lebih pagi. Dan kalau kamu tetap saja egois dengan waktu perjalanan yang cepat dan singkat cobalah berangkat kemarin.

2. Suka Tidur

Tidur sebenarnya merupakan salah satu cara agar badan tetap fit. Kurang tidur juga tidak baik untuk kesehatanmu. Namun kalau suka tidur dengan waktu yang lama, membuat ototmu melemah. Metabolisme akan lebih cepat menurun sehingga lebih mudah lelah.

Suka tidur juga tidak baik bagi kegiatanmu. Terlalu banyak tidur akan membuat waktu produktifmu berkurang, waktu bermain untuk bersenang senang juga hilang. Kamu bisa mulai mengatur waktu tidurmu dengan baik agar overslept karena kelelahan akibat suka begadang tidak seing terjadi.

3. Berolahraga ekstrim

Kalau ingin berolahraga saat puasa, itu bagus sekali. Tapi bobot porsi olahraga harus menyesuaikan dengan keadaanmu. Sebisa mungkin hindari kegiatan berolahraga ekstrim seperti menyelam di laut, skydiving, ataupun mendaki gunung. Menyelam tidak diperbolehkan dilakukan saat berpuasa. Untuk skydiving dan mendaki gunung jelas sangat melelahkan. Sebaiknya jangan ya, ditunda dulu saja. Kamu bisa membaca tips olahraga saat puasa

4. Takjil terlalu manis

Kalau kamu adalah seorang takjil hunter, mohon maaf, kamu termasuk kategori yang dimaksud. Dan kalau kamu seorang yang suka buat takjil sendiri, selamat, kamu juga termasuk kategori yang dimaksud. Memang untuk takaran manis atau tidaknya sesuai selera. Namun di bulan puasa awalnya sebagai ajang diet sehat, menjadi gagal dan cenderung bertambah berat badan.

Kenapa ? Ya karena saat berpuasa kamu hanya bisa makan setelah jam berbuka (malam hari) dan saat sahur (pagi hari). Di luar bulan puasa, kamu bisa makan lebih banyak makanan nantinya, jadi kenapa tidak melakukan pola hidup lebih sehat saat berpuasa ?

Ada beberapa Rekomendasi Minuman Berbuka Puasa yang bisa kamu coba tentunya.

Sebisa mungkin kamu tidak melakukan 4 hal diatas. Selain bisa membuat tubuhmu sehat, rohanimu juga akan kuat. Menurut kamu, apalagi yang seharusnya tidak dilakukan saat bulan puasa ?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image