Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Farhati Mardhiyah

5 Cara Mendapatkan Manfaat Puasa Untuk Ibu Menyusui

Eduaksi | Wednesday, 29 Mar 2023, 14:03 WIB
Cara Mendapatkan Manfaat Puasa Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui sering merasakan lemas saat berpuasa karena merasakan adanya pengaruh pada keseimbangan cairan dan nutrisi tubuh. Padahal puasa bisa memberikan manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali bagi ibu menyusui.

Puasa memang dapat mempengaruhi produksi ASI, terutama jika ibu menyusui tidak mengkonsumsi cukup cairan dan nutrisi selama berpuasa. Jumlah yang tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan menurunkan produksi dan kualitas ASI.

Selain sebagai ibadah, berpuasa memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan membantu menurunkan berat badan.

Kesempatan Memperbaiki Diri Saat Berpuasa

Jika ibu menyusui ingin mendapatkan manfaat puasa, perbaiki dulu kebiasaan dalam memilih asupan makanan setiap harinya.

Tidak hanya menahan diri dari minum dan makan. Dengan berpuasa, hawa nafsu akan lebih terkendali yang ada dalam diri sendiri. Sehingga, seluruh tindakan akan selalu diarahkan oleh akal, bukan lagi dengan nafsu.

Selain itu, puasa juga dapat membantu kita lebih disiplin dan pandai mengontrol diri. Kebiasaan buruk akan dilatih perlahan agar tidak dilakukan selama berpuasa. Begitu juga, kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman setiap harinya.

Jika tidak berpuasa, mungkin saja asupan harian yang dipilih asal saja tanpa mempertimbangkan kebutuhan nutrisi tubuhnya. Asal enak dilidah, kenyang, dan sesuai kantong sering menjadi pertimbangan.

Apalagi dengan adanya internet provider yang membantu kita lebih mudah mendapatkan makanan cepat saji secara online. Namun, adanya internet juga bisa memudahkan kita mencari makanan dan minuman lebih sehat.

Nah, saatnya bijak menggunakan internet provider yang kita gunakan. Begitu juga untuk seorang ibu, tidak hanya dalam merawat dan menjaga kesehatan anak yang menjadi fokus utamanya. Menjaga kesehatan ibu juga sangat penting, apalagi saat sedang berpuasa.

Jika sudah berhasil memperbaiki kebiasaan buruk setiap harinya, selanjutnya bisa lakukan 6 cara berikut ini untuk mendapatkan manfaat puasa untuk ibu menyusui.

6 Cara Mendapatkan Manfaat Puasa Untuk Ibu Menyusui

Menariknya 6 cara berikut ini bisa dilakukan dengan mengandalkan internet provider yang ada.

Konsultasi dengan Dokter atau Ahli Gizi

Tidak yakin mampu berpuasa ramadhan tahun 2023 ini? Sebelum memutuskan berpuasa, sebaiknya ibu menyusui berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Saat ini sudah tersedia Telemedicine, kita bisa melakukan konsultasi secara online.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Ibu menyusui wajib memastikan kebutuhan nutrisi bayi tetap terpenuhi selama berpuasa. Maka itu, saat sahur dan berbuka pilihlah makanan sehat dan bergizi.

Kandungan karbohidrat kompleks, protein, lemak, buah, dan sayuran adalah makanan yang paling baik untuk ibu menyusui. Gunakan internet provider andalan kamu untuk mencari jenis makanan yang harus dihindari selama berpuasa.

Konsumsi Air Mineral Saat Berbuka dan Sahur

Ibu menyusui harus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh untuk memastikan produksi ASI yang cukup. Tidak boleh malam minum air mineral karena tergoda dengan segarnya es teler, es buah, atau es sirup manis lainnya.

Sebab, air mineral sangat penting memainkan peran dalam menjaga keseimbangan tubuh. Perlu diketahui, tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% hingga 70% cairan. Tidak ada alasan lagi malas konsumsi air mineral setiap harinya ya!

Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Ibu menyusui lebih cepat merasakan lemas karena tidak adanya peningkatan metabolisme tubuh. Jika seharian hanya bermalas-malasan, justru akan semakin merasakan lemas tubuhnya.

Maka itu, manfaatkan lebih maksimal layanan internet provider di rumah. Kalau ada internet yang cepat dan stabil seperti IndiHome Telkom Indonesia, tentu ibu menyusui bisa melakukan aktivitas fisik yang ringan di rumah.

Seperti melakukan senam aerobik di rumah dengan melihat video streaming dari Televisi. Bisa juga mencoba recook dari video tutorial di sosial media, atau kegiatan positif lainnya.

Jangan Khawatir dengan Jumlah Produk ASI

Ibu menyusui sering kali pesimis merasakan tidak kuat menjalankan puasa. Padahal rasa pesimis atau khawatir tersebut bisa meningkatkan stress yang berpotensi menurunkan jumlah produk ASI ibu menyusui.

Demikian cara mendapatkan manfaat puasa untuk ibu menyusui. Semoga bisa membantu kamu menjalankan ibadah puasa tahun 2023 ini!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image