Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bang Doel

Tips Memilih Vacuum Cleaner Untuk Rumah Bebas Debu

Gaya Hidup | Friday, 08 Apr 2022, 08:19 WIB
Seseorangs edang membersihkan rumah dengan vacuum cleaner. (Sumber: Canva.com)

Kegiatan membersihkan debu dalam rumah memang bukan pekerjaan mudah. Sebab debu selalu datang setiap saat, bahkan saat Anda sedang melakukan kegiatan bersih-bersih.

Sejak zaman dulu, manusia sudah berjuang untuk menyingkirkan debu dari rumah mereka. Sebab debu didalam rumah kerap menjadi sumber masalah kesehatan pernafasan. Selain itu tentu saja debu menyebabkan rumah jadi tidak enak dipandang.

Untunglah saat ini sudah tersedia teknologi penyedot debu yang diadaptasi dalam sebuah alat bernama vacuum cleaner. Alat ini mampu menyedot debu sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Ada yang kapasitasnya hanya menyedot debu ringan-ringan saja, ada pula yang mampu menyedot debu hingga partikel paling kecil dan sulit dijangkau oleh tindakan manual. Misalnya debu didalam sofa, debu di kasur, sampai debu yang menempel di tirai-tirai.

Vacuum cleaner tidak hanya banyak digunakan oleh perumahan di kota besar, tapi juga sudah merambah ke pelosok desa. Sehingga kebutuhan akan alat ini makin bertambah. Pabrikan terus memproduksi dan mengklaim bahwa vacuum cleaner mereka yang terbaik.

Untuk itu melalui Retizen kali ini, saya akan membagikan tips dalam memilih vacuum cleaner untuk Anda. Berikut tipsnya:

Memeriksa Fitur

Anda mesti memperhatikan berbagai fitur yang ada pada vacuum cleaner. Apakah sikat di ujungnya bisa dicopot, bagian ujungnya bisa diperpanjang, dan seterusnya.

Fitur-fitur kecil itu penting. Sebab suatu saat Anda bakal dibuat kesulitan atau sebaliknya dengan vacuum cleaner tersebut. Misalnya ketika ujungnya sikat dan tak bisa dicopot, maka akan ada banyak permukaan licin yang bakal tergores.

Selain itu tentu saja Anda mesti memeriksa daya hisap, daya tampung, dan daya listrik yang diperlukan oleh vacuum cleaner tersebut.

Pakai Kantong atau Tidak?

Vacuum cleaner yang langsung ke penampungan debu boleh jadi menghemat biaya pembelian kantong. Namun vacuum yang tanpa kantong bakal membuat Anda juga membeli filter tambahan.

Masalah lainnya adalah ketika vacuum cleaner Anda tanpa kantong, maka membersihkan tempat debu bakal dilematis. Apalagi buat Anda yang memiliki alergi di saluran pernafasan.

Cek Dulu Sebelum Beli

Adakalanya Anda dimudahkan untuk membeli vacuum cleaner secara online. Sehingga Anda tidak bisa mencobanya secara langsung. Jika begitu, cobalah untuk melihat ulasan di YouTube sebelum Anda membelinya.

Ya kalau bisa sih Anda beli saja secara langsung di toko ritel terdekat. Harganya tak akan berbeda jauh.

Siapkan Budget Terbaik

Membeli vacuum cleaner sama saja membeli barang elektronik yang lain. Anda akan mendapatkan barang yang bagus ketika mengeluarkan budget yang lebih besar. Ini rumus dasarnya.

Adapun soal awet atau tidak, adanya dukungan garansi atau tidak, layanan purna jualnya bagaimana, itu kembali pada pilihan Anda soal merek. Namun untuk urusan budget yang dikeluarkan ya sama saja.

Maka siapkan budget terbaik, agar Anda mendapatkan vacuum cleaner yang bagus.

Demikian artikel tentang tips membeli vacuum cleaner ini. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image