Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Irma Purnama

5 Platform Belajar Membaca Al-qur'an Online

Agama | Thursday, 07 Apr 2022, 02:14 WIB

Belajar membaca Al-qur'an online merupakan hal lumrah yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini. Meskipun sebelum pandemi terjadi, belajar membaca Al-qur'an online sudah dikenal masyarakat karena menghemat biaya perjalanan dan anda bisa mengatur waktu serta memilih tempat yang nyaman untuk belajar di rumah. Teknologi memang benar-benar memudahkan kita semua.

Sumber : Unsplash.com

Nah, berikut ini saya merangkum 5 platform belajar membaca Al-qur'an online. Review ini saya tulis berdasarkan website-website resmi untuk menambah referensi bagi anda yang mencari platform belajar membaca Al-qur'an online.

1. SyariHub

SyariHub merupakan platform belajar membaca Al-qur'an online yang berlokasi di Surabaya. Meskipun berdomilisi Surabaya, SyariHub mengklaim bahwa mereka telah memiliki murid dari 58 kota di Indonesia, Asia bahkan Amerika. Platform ini menyediakan kursus mengaji private (maupun berkelompok) online untuk segala usia. Memiliki guru mengaji yang merupakan lulusan pesantren dan bersertifikat.Sehingga, proses belajar-mengajar membaca Al -qur'an online menjadi sangat berkualitas namun juga menyenangkan.

Metode belajar Al-qur'an yang disediakan oleh SyariHub ada 4, yaitu :

a. Metode Ummi yaitu metode belajar membaca Al-qur'an online melalui pendekatan ala bahasa ibu, dengan model belajar learning by doing (memperagakan), repetition (pengulangan), dan affection (pendekatan perasaan). Metode yang diklaim sebagai metode yang penuh perhatian, kesabaran dan cocok untuk anak-anak.

b. Metode Iqro' yaitu metode yang mengutamakan pengenalan huruf dalam belajar membaca Al-qur'an.

c. Metode Wafa yaitu pendekatan yang berbasis seni dengan memaksimalkan otak kanan dalam menyerap materi-materi yang diajarkan. Pada proses pembelajaran Al-qur'an dengan metode ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan nyanyian, gerakan dan visual.

d. Metode Tilawah yaitu pendekatan klasikal yang praktis dan mendalam, sesuai dengan kaidah yang dianjurkan dalam membaca Al-qur'an. Selain itu, metode ini mengaplikasikan nada Rost (nada datar, naik dan turun) serta sistem baca-simak yang seimbang.

Dengan metode-metode diatas, guru-guru di SyariHub akan mengajari anda cara membaca Al-qur'an yang baik dan benar. Mulai dari level membaca paling awal yaitu tajwid (mengucapkan setiap huruf dari makhraj (tempat keluarnya huruf hijaiyah) dengan benar dan menunaikan seluruh hak-nya) sampai pada level tahfidz (menghafal dan mentaddaburi Al-qur'an) tergantung permintaan anda. Anda dapat pula meminta diajari mengenai ghorib atau materi pelajaran agama islam lain. SyariHub akan memilihkan untuk anda guru-guru yang berkualifikasi sesuai dengan permintaan.

2. Superprof

Superprof merupakan platform belajar membaca Al-qur’an online yang bukan hanya menyediakan guru mengaji, namun juga materi akademis lainnya seperti fisika, matematika, bahasa Inggris atau keterampilan diri seperti belajar bermain gitar, menjahit,berenang, dan lainnya. Platform ini memberikan banyak kemudahan yaitu pertama, dapat memilih guru mengaji tanpa keluar rumah. Anda cukup cek profil para guru mengaji di Superprof dan pilih guru yang paling sesuai dengan preferensi anda (tarif, metode pengajaran, pengalaman, lokasi, ketersediaan mengajar online, dll).

Kedua, anda dapat mengatur sendiri kursus mengaji dengan menceritakan kepada guru anda tentang kebutuhan dan tujuan anda mengambil kursus mengaji online. Ketiga, di Superprof anda dapat memulai pengalaman baru dengan belajar hal baru bersama guru-guru yang berpengalaman di bidangnya. Materi pembelajaran Al-qur'an yang tersedia dimulai dari tahapan awal yang disebut tahqiq, yaitu tahapan mengenal dan menunaikan hak-hak huruf hijaiyah. Sampai pada tahapan tahfidz atau menghafal Al-qur'an dan tahap taghanni atau seni melagukan ayat-ayat Al-qur'an.

3. Maungaji

Maungaji menawarkan 3 jenis kelas belajar membaca Al-qur’an online yaitu kelas iqro' untuk pemula, kelas tahsin dan kelas tahfidz. Platform ini juga menawarkan beberapa pilihan paket. Harga pada setiap paket ditentukan sesuai pilihan anda, ingin mengaji secara offline atau online dan berapa jumlah orang yang anda inginkan berada di kelas.

Kelebihan yang diklaim Maungaji adalah pembelajaran yang aman dan nyaman. Sesuai Syari'ah yaitu dapat memilih guru sesuai gender anda, laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.

Anda juga mendapatkan laporan belajar mengaji yang dapat dilihat melalui aplikasi Maungaji. Kelebihan yang terakhir yaitu anda akan mendapatkan sertifikat atas pelajaran agama tertentu yang anda inginkan. Hal ini berdasarkan pernyataan pada website Maungaji. Berikut ini merupakan review aplikasi Maungaji.

4. Nyantren.com

Nyantren.com menyediakan kursus belajar membaca Al-qur’an online maupun offline (guru datang ke rumah murid). Platform ini menawarkan belajar mengaji privat 1 on 1, tetapi apabila anda ingin belajar mengaji secara kelompok (dua orang atau lebih) maka akan mendapatkan bonus berupa potongan harga.

Sistem belajar online yang ditawarkan yaitu guru mengajar bisa melalui Google Meet, Zoom atau bahkan melalui telepon sesuai dengan kesanggupan anda. Nyantren.com juga menawarkan webinar tahsin online. Hal ini berdasarkan yang tertera pada laman Nyantren.com.

5. Skill Academy by Ruang Guru

Skill Academy menawarkan kelas belajar membaca Al-qur’an bagi anda yang merasa terlambat belajar. Guru mengaji yang ditawarkan oleh Skill Academy bernama Rio Sastra. Platform ini mengklaim bahwa beliau mengajar Al-Qur’an di YISC Al Azhar.

Di samping mempelajari Al-Qur’an dari dasar, anda juga ditawarkan untuk belajar dan mengenal tentang sejarah Al-Qur’an supaya tidak hanya mengetahui secara praktik, tapi juga dapat memahami Al-Qur’an secara teori. Hal ini berdasarkan yang tertera pada kanal youtube Ruangguru Bimbel online no 1.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image